Selasa, 30 Mar 2021 11:30 WIB

China Berang Dituduh Tak Transparan Soal Asal Usul Virus Corona

Khadijah Nur Azizah, Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tim peneliti WHO mendatangi Wuhan,China, untuk selidiki asal-usul virus Corona. Salah satu lokasi yang ddatangi tim peneliti WHO adalah Pasar Baishazhou. Foto: AP Photo/Ng Han Guan
Jakarta -

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis hasil temuan mengenai asal-usul virus Corona hasil investigasi di China pada 16-24 Februari 2021. Namun ada beberapa hal yang belum terungkap dalam dokumen tersebut yang membuat beberapa negara mempertanyakan laporannya, salah satunya Amerika Serikat.

"China tampaknya membantu WHO menuliskan laporan tersebut," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, sembari menunjukkan kritiknya tentang metodologi dan proses di balik laporan tersebut.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian, mengatakan hal yang disampaikan AS tidak berdasar dan fitnah belaka. Zhao menegaskan sejak awal pihaknya yang melaporkan epidemi ke WHO dan merilis urutan informasi penting seperti urutan genom dan rencana diagnosis juga pengobatan.

"Sejak itu, China terus memberi informasi kepada AS dan kedua belah pihak telah memelihara komunikasi yang erat, yang disadari AS," katanya dikutip dari Global Times.

"Tolong tanyakan kepada para ahli bagian mana dari laporan yang dibantu oleh pemerintah China untuk mereka tulis. Apakah fasilitasi China pada penelitian juga merupakan manipulasi di balik layar?" lanjutnya.

Selama hampir seminggu, para ahli China dari tim gabungan WHO-China telah mengungkapkan pembaruan tentang laporan lengkap studi lapangan yang sangat diantisipasi sekitar sebulan yang lalu di Wuhan.

Pakar China menerima laporan versi bahasa Inggris dari pakar WHO pada 17 Maret, berjumlah sekitar 300 halaman, tanpa versi China, kata Zhao.

"Menelusuri asal-usul virus bukanlah tugas yang sederhana dan membutuhkan upaya bersama jangka panjang oleh para ilmuwan," ungkap ilmuwan China.



Simak Video "Sabar, Studi Tim WHO ke Wuhan Baru Permulaan untuk Ungkap Asal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)