Selasa, 08 Des 2020 12:30 WIB

Awal Mula Wabah COVID-19 di Wuhan Diklaim Berasal dari Makanan Beku Impor

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
WUHAN, CHINA - OCTOBER 18: (CHINA OUT) The cast play nurses as they perform on stage during the opera Angels Diary on October 18, 2020 in Wuhan, Hubei province, China. The opera, paying tribute to medical staff, portrays the doctors rescue of coronavirus patients during the lockdown in Wuhan. As there have been no recorded cases of community transmissions since May, life for residents is gradually returning to normal. (Photo by Getty Images) Awal mula wabah COVID-19 di Wuhan disebut berasal dari makanan beku. (Foto: Getty Images/Getty Images)
Jakarta -

Usai India, Amerika Serikat, dan Eropa, kini China mengklaim Corona berasal dari jejak COVID-19 di makanan beku impor yang masuk ke Wuhan, China, termasuk dari Australia. Selama ini, kasus COVID-19 pertama diyakini muncul di pasar basah Wuhan.

"Karena wabah Corona yang meningkat di China ditemukan terkait dengan makanan beku impor, Eropa dan benua Amerika dilaporkan menemukan tanda-tanda virus Corona lebih awal dari Wuhan, itu menimbulkan hipotesis baru, apakah wabah awal di Wuhan berasal dari makanan beku impor?" kata peneliti penyakit Universitas Wuhan, Yang Zhanqiu, kepada Global Times.

"Hal tersebut tidak pernah terlintas dalam pikiran kami sebelumnya, tetapi sekarang tampaknya masuk akal bahwa virus tersebut mungkin telah diimpor ke Wuhan melalui produk makanan beku yang diimpor," lanjutnya.

Hingga saat ini, asal-usul COVID-19 masih menjadi misteri. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut tengah berusaha secepat mungkin untuk pergi ke China dan menginvestigasi awal mula wabah Corona di Wuhan.

"Kami ingin tahu asal usulnya dan kami akan melakukan segalanya untuk mengetahui asal-usulnya," kata kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan, dikutip dari Reuters.

Kasus pertama COVID-19 selama ini dikaitkan dengan pasar basah Wuhan dan virus Corona diduga berpindah dari hewan liar ke manusia.

April lalu, Perdana Menteri Scott Morrison menyerukan penyelidikan independen tentang asal-usul Corona yang memicu reaksi marah dari China. China lantas mendorong teori bahwa virus Corona itu bermula di luar negeri dan tiba di negaranya melalui kemasan makanan beku.

Pejabat China sebelumnya mengklaim telah mendeteksi virus Corona pada makanan beku impor termasuk sayap ayam dari Brasil, cumi-cumi dari Rusia, udang dari Ekuador, daging babi dari Jerman, dan salmon dari Norwegia. Meski begitu, WHO menegaskan belum ada bukti penularan Corona bisa terjadi dengan cara tersebut.

Benarkah wabah COVID-19 yang merebak di Wuhan berasal dari makanan beku impor? Simak lebih lengkapnya di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Pfizer Uji Klinis Vaksin COVID-19 untuk Anak Usia 5-11 Tahun"
[Gambas:Video 20detik]