Rabu, 31 Mar 2021 16:00 WIB

Zaskia Sungkar Lahiran Caesar, Begini Tipsnya Agar Cepat Pulih

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Zaskia Sungkar saat ditemui di kawasan Cipete. Zaskia Sungkar lahiran anak pertama. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Setelah penantian panjang, Zaskia Sungkar lahiran anak pertamanya. Zaskia Sungkar melahirkan buah hati pertamanya dengan metode caesar pada Selasa (30/3/2021) malam.

"Alhamdulillah Ukkasya sehat walafiat lahir dengan bb 3,4 kg," tulis Zaskia Sungkar di postingan Instagram pribadi miliknya.

Para ahli menyebut pemulihan setelah operasi caesar membutuhkan waktu 4-6 minggu. Namun kondisi ini bisa berbeda pada setiap ibu. Dukungan dari orang-orang sekitar, khususnya suami, akan mempercepat proses pemulihan ibu.

Zaskia Sungkar lahiran dengan metode caesar, ini caranya untuk mempercepat pemulihan dikutip dari berbagai sumber.

1. Perbanyak istirahat

Istirahat sangat penting untuk pemulihan usai operasi apapun, termasuk caesar. Namun bagi banyak orang tua baru, mustahil istirahat dengan bayi yang baru lahir di rumah.

Bayi baru lahir memiliki jam tidur yang tidak teratur dan mungkin tidur hanya satu atau dua jam setiap kali. Merawat bayi setelah operasi besar bisa melelahkan, dan tidak mungkin semua orang tua baru bisa merawatnya sendirian.

Jangan segan untuk meminta bantuan khususnya dari pasangan untuk membantu merawat bayi. Apabila diperlukan, tak masalah untuk meminta bantuan dari orang tua juga.

"Usai caesar, seorang ibu memerlukan istirahat yang cukup untuk memfasilitasi penyembuhan luka dan juga tetap kuat untuk merawat sang bayi. Letakkan barang-barang penting dalam jarak dekat, tidur saat bayi tidur dan jika mungkin, minta bantuan dari teman atau kerabat untuk melakukan beberapa kegiatan rumah atau dalam merawat bayi," tutur Dr Rachna Pande, spesial pengobatan internal, kepada New York Times.

2. Jalan santai

Latihan aerobik angkat dan intens bisa dilakukan di beberapa minggu pertama pemulihan. Sebagai alternatif, berjalan kaki dapat membantu menjaga kebugaran dan menjaga kesehatan mental usai melahirkan.

Jalan kaki ringan juga mengurangi risiko pembekuan darah dan masalah jantung atau pembuluh darah lainnya. Berjalan kaki tiap hari juga bisa membantu mencegah penggumpalan darah dan konstipasi. Para ibu juga disarankan untuk menahan perut di sekitar luka saat butuh batuk atau tertawa untuk mencegah luka jahitan kembali terbuka.

3. Perhatikan asupan makanan

Hal penting yang harus dilakukan para ibu yang baru saja melakukan persalinan caesar, adalah mengonsumsi makan-makanan bernutrisi yang seimbang. Karena dibutuhkan fisik yang kuat dan bugar untuk ibu dan juga untuk menyusui sang bayi.

Bagi Zaskia Sungkar lahiran dengan metode caesar, perlu tambahan asupan zat besi dan kalsium untuk menghindari risiko anemia kronis dan penurunan penguatan tulang. Perbanyak makan sayuran dan buah segar, gandum, kacang-kacangan, susu dan dan produk susu, telur dan ikan.



Simak Video "Dokter Ungkap Alasan Zaskia Sungkar Melahirkan Secara Sesar"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)