Kamis, 01 Apr 2021 05:56 WIB

Kabar Baik! Vaksin Pfizer Aman dan Efektif Tangkal Corona pada Anak

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
The doctor prepares the syringe with the cure for vaccination. Ilustrasi vaksin (Foto: iStock)
Jakarta -

Pfizer dan BioNTech melaporkan hasil uji klinis pada anak usia 12-15 tahun. Hasilnya, vaksin buatan mereka efektif dan aman untuk menangkal virus Corona pada kelompok usia tersebut.

Dalam beberapa pekan, mereka akan mengajukan persetujuan untuk menggunakan vaksin ini pada kelompok usia tersebut di Eropa dnan Amerika Serikat.

Hingga saat ini belum ada vaksin COVID-19 yang disetujui penggunaannya pada anak. Sejumlah pakar menyoroti perlunya memberikan vaksin pada anak untuk mencapai herd immunity.

"Saya pikir jika kita ingin menyelesaikan pandemi, kita benar-benar perlu memvaksinasi anak," kata Dr Asuncion Mejias, dokter anak dari Nationwide Children's Hospital di Ohio, dikutip dari Reuters, Kamis (1/4/2021).

Dalam uji klinis tersebut, Pfizer melibatkan 2.260 anak usia 12-15 tahun. Hasilnya, ditemukan ada 18 kasus COVID-19 pada kelompok plasebo dan tidak ada kasus di kelompok vaksin, sehingga didapatkan efikasi 100 persen.

Disebutkan juga, vaksin tersebut ditoleransi dengan baik dengan efek samping 'in line' dengan yang ditemukan pada orang dewasa usia 16-25 tahun. Namun Pfizer belum merinci efek samping yang ditemukan.

Sedangkan pada dewasa, efek samping tergolong ringan-sedang, mencakup:

  • Nyeri di tempat suntikan
  • sakit kepala
  • demam
  • kelelahan atau fatigue.


Simak Video "Hasil Uji Coba Akhir Vaksin CureVac Kurang Ampuh Lawan COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)