Kamis, 01 Apr 2021 18:06 WIB

Rhabdomyolysis, Kondisi yang Mengancam Ginjal Saat Olahraga Berlebihan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Woman stretching after jogging. River and city lights in the background. Toned image Rhabdomyolisis, gangguan ginjal yang bisa timbul akibat olahraga berlebihan. yang menFoto: Thinkstock
Jakarta -

Olahraga yang terlalu berlebihan juga bisa mengancam kesehatan tubuh. Seseorang tetap perlu mengenali batasan kemampuan fisiknya saat berolahraga untuk menghindari cedera.

Seorang wanita mengalami efek samping yang cukup buruk karena terlalu keras berolahraga. Atrina Lau yang saat itu sedang spinning atau olahraga dengan sepeda statis mengalami gejala yang cukup aneh saat selesai latihan.

Setelah menyelesaikan kelasnya, kakinya terasa lemas dan tak bisa berjalan dengan baik. Dilaporkan World of Buzz, awalnya ia mengira keluhan itu hanya berlangsung singkat yang sayangnya tak kunjung reda setelah 3 hari.

"Saya menyadari setelah beberapa hari, urin saya berubah warna menjadi coklat dan nyeri otot saya menjadi semakin tak tertahankan," kata Atrina.

Di rumah sakit, Atrina didiagnosis mengalami rhabdomyolysis. Kondisi yang bisa disebabkan oleh olahraga berlebihan ini disebut-sebut cukup serius dan bisa memicu gagal ginjal atau bahkan kematian.

Dikutip dari laman WebMD, rhabdomyolysis adalah sindrom serius akibat cedera otot langsung atau tidak langsung yang terjadi karena rusaknya serat-serat otot akibat kelelahan.

Serat-serat otot tersebut menghancurkan diri, dan pecahannya masuk ke pembuluh darah lalu mengendap di ginjal. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi serius seperti gagal ginjal karena organ tersebut tidak dapat mengeluarkan urin dan limbah lainnya.

Pasien umumnya pulih ketika mereka mendapatkan perawatan yang tepat, tetapi kondisi tersebut dapat menyebabkan kematian dalam kasus yang jarang terjadi.

Untuk itu sangat penting untuk mengenali batas fisik, dan tidak memaksakan diri jika intensitas olahraga sudah berlebihan.



Simak Video "Tips Denada Tambunan untuk Pemula yang Ingin Olahraga Zumba"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)