Jumat, 02 Apr 2021 09:02 WIB

Fakta-fakta Penyakit Otak Misterius di Kanada, Sebabkan Warga Hilang Ingatan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Doctor and patient using digital tablet Ilustrasi penyakit otak. (Foto: iStock)
Jakarta -

Para dokter dibuat khawatir menghadapi penyakit otak misterius yang menyerang puluhan warga di Kanada. Mereka kesulitan mengidentifikasi penyebab penyakit otak misterius sejak 2020 lalu.

Lebih dari setahun, pejabat kesehatan setempat mencatat 'klaster' penyakit otak misterius dengan total 43 kasus.

"Kami bekerja sama dengan berbagai kelompok dan pakar nasional. Namun, tidak ada penyebab jelas yang diidentifikasi saat ini," jelas memo badan kesehatan setempat yang belakangan diketahui warga, dikutip dari The Guardian.

Mulai dari gejala hingga awal mula penyakit otak misterius ditemukan, berikut fakta-faktanya.

Mirip penyakit otak langka yang fatal

Beberapa kasus yang ditemukan umumnya mengalami gejala mirip dengan penyakit Creutzfeldt-Jakob. Dokter menyebut kondisi ini adalah penyakit otak fatal langka yang disebabkan disebabkan oleh protein abnormal bernama prion.

Namun, bukti lebih lanjut apakah penyakit otak misterius ini disebabkan karena prion belum ditemukan.

"Kami tidak memiliki bukti yang menunjukkan bahwa itu adalah penyakit prion," kata Dr Alier Marrero, ahli saraf yang memimpin penyelidikan di New Brunswick.

Gejala penyakit otak misterius

- Hilang ingatan
- Halusinasi
- Atrofi otot

Dr Alier Marrero, ahli saraf yang memimpin penyelidikan di New Brunswick mengatakan pasien awalnya mengeluhkan rasa sakit yang tak dapat dijelaskan. Mulai dari kejang hingga perubahan perilaku, semua gejala awalnya dikaitkan dengan gangguan kecemasan atau depresi.

Namun, selama 18 sampai 36 bulan, mereka mulai mengalami penurunan kognitif, pengecilan otot, air liur dan gigi bergemeletuk. Sejumlah pasien juga mulai mengalami halusinasi yang menakutkan, seperti muncul perasaan serangga yang merayap di kulitnya.

Beragam kemungkinan pemicu penyakit otak misterius

Mayoritas kasus penyakit otak misterius berkaitan dengan semenanjung Acadian, wilayah dengan populasi kurang dari 800.000 orang di Kanada. Namun, pejabat kesehatan setempat menolak untuk mengungkapkan lokasi pasti dari kasus-kasus tersebut.

Marrero dan timnya terus meneliti bersama para ahli bidang neurologi, kesehatan lingkungan, epidemiologi lapangan, zoonotik, dan toksikologi untuk lebih memahami apa yang dapat menyebabkan penyakit misterius tersebut.

Tim peneliti yang sedang berkembang sedang bekerja untuk menentukan apakah ada kaitan umum dengan kasus atau penyebab lingkungan apa pun, termasuk sumber air, tanaman, dan serangga.

"Kami tidak tahu apa yang menyebabkannya," kata Marrero.

"Saat ini kami hanya memiliki lebih banyak pasien yang tampaknya menderita sindrom ini."



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)