Jumat, 02 Apr 2021 16:11 WIB

Jelang Menikah, Aurel Hermansyah Didiagnosis Punya Kista! Kenali Penyebabnya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar. (Foto: Instagram: @aurelie.hermansyah)
Jakarta -

Jelang menikah dengan Atta Halilintar, Aurel Hermansyah dikabarkan memiliki kista di dalam rahimnya. Hal ini diketahui setelah ia melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter kandungan bersama sang bunda, Ashanty.

"Kita harapkan dia kista hormonal. Makanya saya belum kasih obat, belum apa, kita cek kembali. Kalau dia hormonal kita harapkan ketika dicek kembali setelah mens dia (kistanya) hilang," ucap dr Robert J Alief, dokter kandungan di The Jakarta Women and Children Clinic, dikutip dari kanal YouTube The Hermansyah A6.

Dikutip dari Mayo Clinic, kista di rahim atau kista ovarium merupakan kantong berisi cairan yang tumbuh di ovarium. Setiap wanita memiliki dua ovarium, masing-masing berukuran dan berbentuk seperti kacang almond yang terletak di sisi kanan-kiri rahim.

Ovarium berfungsi menghasilkan sel telur setiap bulannya dan memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Namun, fungsi ovarium terkadang dapat terganggu dan kista menjadi salah satu penyebab gangguannya.

Penyebab kista ovarium

Ada beberapa penyebab terbentuknya kista ovarium, salah satunya adalah perubahan hormon. Kista jenis ini biasa disebut dengan kista fungsional, yang biasa muncul karena siklus menstruasi.

Ovarium secara alami membentuk struktur mirip kista yang disebut folikel setiap bulannya. Folikel ini berfungsi untuk memproduksi hormon estrogen dan progesteron, serta melepaskan sel telur saat wanita berovulasi.

Dalam beberapa kondisi, folikel gagal melepaskan sel telur. Dampaknya, folikel menjadi bengkak dan terbentuk kista fungsional.

Kista fungsional umumnya tidak berbahaya. Sebagian besar kista jenis ini bisa sembuh sendiri dalam beberapa bulan seiring berjalannya siklus menstruasi, tanpa perawatan medis.

Kemudian, ada kista non-fungsional atau kista ovarium yang tidak berkaitan dengan fungsi normal siklus menstruasi, yaitu:

  • Kista dermoid. Ini disebabkan oleh perkembangan tidak normal dari sel-sel embrionik, sehingga di dalam kista ditemukan jaringan rambut, kulit, dan gigi.
  • Kistadenoma. Kista ini berkembang di permukaan ovarium dan mungkin berisi cairan atau lendir.
  • Endometrioma. Ini merupakan kondisi ketika jaringan yang membentuk lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rahim (endometriosis), biasanya di ovarium.


Simak Video "Perseteruan KD-Aurel-Azriel Jadi Konsumsi Netizen, Ini Kata Psikolog"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)