Sabtu, 03 Apr 2021 14:20 WIB

Cerita Remaja dengan Gigi Dikunci, 2 Minggu Cuma Minum Susu dan Obat Maag

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Viral cerita remaja gigi dikunci, hanya makan susu dan obat mag selama 2 minggu. Foto: Tangkapan Layar Viral @oika, diambil atas izin yang bersangkutan.
Jakarta -

Viral di media sosial cerita remaja asal Pontianak dipasang kunci gigi hingga tak makan selama berminggu-minggu. Ia mengaku hanya minum susu di dua pekan terakhir, sebelum kunci giginya kembali dibuka.

Laurensia yang biasa dipanggil Oika ini bercerita, giginya harus dikunci lantaran patah akibat kecelakaan. Tak hanya bagian gigi, rahangnya juga harus dioperasi agar kembali ke kondisi normal.

"Jadi ceritanya tiga minggu yang lalu aku kecelakaan, itu bikin rahang aku patah, gigi juga patah, terus bibir juga sempat koyak, dagu juga dijahit, koyak," demikian tulis caption video viral di akun TikTok @oika, dikutip Sabtu (3/4/2021) atas izin yang bersangkutan.

"Kenapa dipasang kunci soalnya gigi aku gara-gara kecelakaan, rahang yang bawah tuh ketarik ke dalem. Dioperasi lah gara-gara rahang patah, selesai dioperasi langsung dikunci, tujuannya biar rahangnya itu balik lagi ke depan gitu lho," bebernya.

Selama gigi dikunci, Oika tak makan nasi sama sekali. Bahkan, pasca operasi rahang, dirinya sempat terpaksa minum lewat selang yang mengalir melalui hidung.

Ia sempat disarankan dokter untuk makan bubur lebih dulu dengan memakai sedotan. Namun, ia lebih memilih minum susu, diselingi dengan obat maag untuk mengatasi kemungkinan asam lambung karena tak ada asupan makanan.

"Sebenarnya boleh makan bubur lewat sedotan, tapi akunya nggak mau. Jadi aku lebih milih minum susu selama dua minggu, tapi dibantu sama obat maag jadi nggak sakit maag," ceritanya.

Saat dikonfirmasi detikHealth, Oika mengaku sampai turun dua kilo saat dua minggu tak makan nasi. Sewaktu-waktu, ia masih menyempatkan mengonsumsi oat yang mudah masuk mulut untuk meredakan rasa laparnya.

"Biasanya kalau sudah laper banget aku minum energen atau oat gitu. Nggak melulu susu sih, biasanya juga minum jus. Untungnya selama dua minggu nggak pernah sakit maag sampe yang parah banget," bebernya.

Remaja berusia 17 tahun ini menyebut pemasangan kunci di giginya disebut dokter intermaxillary fixation. Ia juga tak menyangka videonya bisa viral karena tak memiliki ekspektasi apapun saat mengunggah video tersebut.

"Jujur nggak nyangka banget sih bakal serame ini, sama sekali nggak expect, soalnya waktu buat video itu kaya iseng-iseng doang. Terus tiba-tiba viral," tutur Oika.

Kondisinya kini sudah berangsur membaik pasca kunci gigi dilepas dan mulai kembali makan meski belum bisa mengunyah dengan baik. "Sementara ini masih makan yang lunak-lunak kaya bubur atau nasi tapi harus dipakai kuah biar gampang nelennya," pungkasnya.



Simak Video "Kasus Gangguan Kesehatan yang Diviralkan Efek Kecanduan Game"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)