Sabtu, 03 Apr 2021 19:04 WIB

Catat! Ini Tips Bebas Diabetes ala Anak Muda

Angga Laraspati - detikHealth
Diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Semua kebiasaan dan pola hidup sejak masih muda akan mempengaruhi kesehatan saat tua nanti, termasuk risiko diabetes. Jadi, penting menjalankan pola hidup sehat sejak masih muda untuk menekan risiko diabetes!

Salah satu pola hidup sehat yang bisa dilakukan untuk mencegah diabetes, adalah dengan menjaga berat badan dalam kisaran normal dan menurunkan berat badan kalau berlebih.

Sebuah data pada jurnal Diabetologia menunjukkan faktor berat badan berlebih ternyata berkaitan dengan peningkatan risiko diabetes. Risiko diabetes 2 kali lipat lebih tinggi untuk mereka yang punya berat badan berlebih. Risiko diabetes lebih tinggi 5 kali lipat pada mereka yang menderita obesitas.

Untuk menjaga berat badan agar tetap ideal kuncinya adalah kombinasi pola makan sehat dan olahraga rutin minimal 150 menit per minggu. Pola makan sehat memang seringkali sulit dilaksanakan, belum lagi banyak godaan cemilan tinggi gula dan tinggi lemak ketika beraktivitas.

Lalu bagaimana menerapkan pola makan sehat untuk menjaga berat badan?

Konsumsi Buah & Sayur

Untuk menjaga berat badan ideal, cobalah untuk perbanyak mengonsumsi buah dan sayur, misalnya dengan menambahkan menu sayuran saat makan siang. Namun perhatikan juga penambahan bumbu salad yang relatif tinggi kalori dan tinggi lemak. Lengkapilah menu sarapan dengan 1 mangkuk buah, dan pastikan ½ piring makan terisi dengan buah dan sayur setiap kali makan besar.

Ubah Cara Memasak

Cara kedua adalah membuat olahan makanan yang menyehatkan, misalnya dengan mengurangi cara masak menggoreng, dan gantikan dengan tumis atau panggang. Bisa juga dengan menggunakan produk masak alternatif yang bebas gula dan rendah garam, serta gunakan minyak yang lebih rendah lemak jahat atau lemak jenuh, misalnya minyak jagung, minyak canola, atau minyak zaitun.

Batasi Porsi Makan

Caranya mudah yaitu dengan mengonsumsi segelas air sebelum waktu makan, gunakan peralatan makan yang lebih kecil agar makanan tampak lebih banyak, makan secara perlahan guna mencegah makan berlebihan, serta hindari tawaran promo upsize yang terasa menguntungkan namun akan menambah asupan kalori.

Mengurangi Minuman Tinggi Gula

Cobalah untuk mengurangi minuman manis yang tinggi gula; misalnya dengan membawa air minum sendiri setiap bepergian dan mengurangi minuman kekinian yang tinggi gula dan tinggi kalori.

Perhatikan Camilan

Waspada karena banyak cemilan yang tinggi kalori dan gula. Camilan yang tidak sehat seperti itu tidak hanya mengganggu kontrol berat badan, tapi juga dapat merusak kesehatan.

Oleh karena itu, coba memilih camilan yang sehat, seperti Tropicana Slim Korean Garlic Cookies yang bebas gula dengan kalori terkontrol, hanya 100 kalori per sachetnya sehingga cocok untuk diabetes dan diet.

Walau bebas gula dan terkontrol kalorinya, Tropicana Slim Korean Garlic Cookies memiliki rasa enak dari perpaduan seimbang rasa kukis garlic butter yang gurih. Ngemilnya lebih sehat, risiko diabetes bisa ditekan!



Simak Video "Peneliti Ungkap Virus Corona Bisa Picu Diabetes pada Pasien"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)