Jumat, 02 Apr 2021 15:29 WIB

Kebiasaan Saat Kerja yang Berpotensi Tingkatkan Risiko Diabetes

Abu Ubaidillah - detikHealth
Diabetes Foto: shutterstock
Jakarta -

Rutinitas yang dijalani di dalam pekerjaan dapat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan, termasuk risiko penyakit diabetes. Tentu saja ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi.

Lalu, faktor dalam pekerjaan apa saja yang bisa berkaitan dengan risiko diabetes? Berikut ulasannya dirangkum dari berbagai sumber.

Sedenter

Sedenter artinya kurang aktif bergerak dan terlalu banyak duduk. Telah banyak data menyebutkan pola hidup sedenter dan kurangnya aktivitas fisik berkaitan erat dengan peningkatan risiko diabetes.

Salah satunya dilaporkan pada jurnal Medicine and Sport Science yang menunjukkan mereka yang tidak memenuhi rekomendasi aktivitas fisik ternyata memiliki risiko terkena diabetes tipe 2 hingga 1,4 kali lipat. Hal tersebut bisa menjadi ancaman bagi para pekerja kantor yang umumnya selalu duduk saat bekerja.

Mengurangi waktu duduk dan menggantinya dengan aktivitas fisik ringan rupanya bermanfaat menekan risiko masalah kesehatan yang dapat timbul. Maka, mulailah rutin berdiri dan melakukan peregangan selama bekerja.

Anda juga bisa memilih naik tangga dibanding lift, mengadakan rapat sambil berdiri, menggunakan toilet di lantai berbeda, dan memanfaatkan waktu istirahat untuk berjalan ringan. Selain itu, sempatkan waktu untuk berolahraga minimal 150 menit setiap minggunya.

Ngemil

Banyaknya waktu yang dihabiskan di lingkungan pekerjaan juga dapat mempengaruhi pola makan, termasuk meningkatkan kebiasaan ngemil. Padahal, cemilan yang tersedia di kantor bisa jadi bukan pilihan yang sehat.

Semakin sering melihat atau menemukan cemilan dan makanan tidak sehat di sekeliling, seseorang juga akan cenderung lebih banyak mengonsumsinya. Ditambah lagi tekanan yang timbul di kantor terkadang membuat stres dan semakin mendorong pola makan tidak sehat.

Untuk itu, penting membangun pola makan yang sehat selama bekerja. Mulailah dengan membuat jadwal makan teratur, termasuk waktu ngemil dan jika memungkinkan susunlah menu makanan dan cemilan di awal minggu dengan memilih menu yang lebih sehat.

Siapkan cemilan sehat di kantor, seperti buah dan kacang-kacangan, hindari menyimpan cemilan yang tidak sehat, cobalah untuk membawa bekal dari rumah dengan memperbanyak porsi sayuran, bijian utuh, dan sumber protein rendah lemak. Tips kecil namun akan berguna, hindari makan sambil beraktivitas untuk menghindari makan berlebihan.

Tak kalah penting adalah waspada dengan minuman manis yang tinggi gula seperti kopi susu. Banyak orang yang bekerja sambil minum kopi, padahal kebanyakan kopi mengandung tinggi gula dan tentunya kalori.

Waspada, data menurut jurnal Current Diabetes report menunjukkan mereka yang mengonsumsi minuman tinggi gula sebanyak 1-2 saji per hari ternyata memiliki risiko terkena diabetes hingga 26% lebih tinggi. Namun tenang saja, kini ada Tropicana Slim Avocado Coffee yang diformulasikan tanpa gula pasir sehingga aman untuk diabetesi dan cocok untuk diet.

(akn/ega)