Minggu, 04 Apr 2021 08:01 WIB

Salut Banget! Dokter Berhasil Selesaikan Operasi Jantung Saat RS Dilalap Api

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
ilustrasi operasi Ilustrasi tindakan operasi. (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Satu tim dokter berhasil menyelesaikan operasi jantung terbuka di sebuah rumah sakit di Rusia yang terbakar pada Jumat (2/4/2021). Petugas medis baru saja memotong dada pasien laki-laki tersebut ketika api melahap rumah sakit di kota Blagoveschensk, Rusia tenggara.

Kepala ahli bedah Valentin Filatov, 29, menolak untuk mengevakuasi ruang operasinya meskipun api dan asap mengamuk di seluruh gedung.

"Kami takut, tentu saja. Kami manusia. Kami tidak bisa pergi, kami harus melanjutkan operasi. Ini adalah cangkok bypass arteri koroner, salah satu operasi jantung paling kompleks," katanya dalam wawancara dengan salah satu stasiun televisi, dikutip dari Daily Mail.

Petugas medis menggunakan kipas angin untuk menjaga agar asap tak masuk ke dalam ruang operasi dan mengalirkannya ke kabel listrik untuk menjaga ruangan tetap tersuplai listrik.

Walikota Oleg Imameev memuji 'kepahlawanan' tim bedah karena mempertaruhkan nyawa mereka dan tetap di ruang operasi di Pusat Kardiologi Akademi Medis Negeri Amur.

"Tidak ada pengambilan keputusan tentang itu. Operasi itu harus dilanjutkan. Kami menyelesaikannya secara penuh."

Petugas pemadam kebakaran membutuhkan waktu lebih dari dua jam untuk memadamkan api di rumah sakit yang dibangun pada tahun 1907 itu. Pihak Kementerian mengatakan 128 orang yang dievakuasi dari rumah sakit saat kebakaran terjadi di atap.

Tidak ada yang dilaporkan terluka dalam insiden tersebut dan pasien dilarikan ke rumah sakit terdekat.



Simak Video "Yang Perlu Diperhatikan Pasien Lansia Pasca Operasi Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)