Senin, 05 Apr 2021 16:15 WIB

Tonton di Sini! Online Festival Lawan Diabetes

Alfi Kholisdinuka - detikHealth
Tropicana Slim Foto: Dok. Tropicana Slim
Jakarta -

Tahukah Anda ternyata ada keterkaitan antara perubahan iklim dengan diabetesi? Berdasarkan laporan US EPA (Environmental Protection Agency) tahun 2016 perubahan iklim ternyata akan memengaruhi makanan yang kita konsumsi, udara yang kita hirup, air yang kita minum, serta kondisi cuaca ekstrim.

Hal ini juga memicu tiga faktor yang harus diwaspadai. Pertama, kenaikan suhu akibat perubahan iklim dapat menyebabkan seseorang akan semakin rentan terkena diabetes. Seperti dilaporkan pada jurnal Early Human Development, diperkirakan bahwa untuk setiap peningkatan suhu sebesar 1OC, prevalensi diabetes dapat meningkat sebesar 0.17%2.

Kedua, perubahan iklim menyebabkan peningkatan risiko keterbatasan persediaan dan tingginya harga produk-produk segar. Akibatnya, produk makanan olahan cenderung menjadi pilihan karena tersedia lebih banyak dengan harga yang lebih murah.

Peningkatan konsumsi produk makanan olahan dengan kandungan nutrisi yang umumnya lebih rendah, namun lebih tinggi kalori ini dapat meningkatkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2. Ketiga, terganggunya kestabilan pangan juga meningkat kan risiko gangguan kesehatan pada ibu dan anak di masa depan.

Oleh karenanya, di masa pandemi ini penting sekali, aktif menjaga lingkungan guna membantu mengatasi masalah pemanasan global ini. Selain itu, menjalankan hidup sehat guna menekan risiko diabetes juga harus dilakukan dengan rutin menjaga pola makan sehat serta rutin berolahraga.

Nah, dalam menyambut Hari Kesehatan Dunia pada 7 April mendatang, Tropicana Slim menggelar online festival bertajuk 'Beat Diabetes'. Program ini bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk belajar memulai hidup sehat dengan cara sederhana sehingga mampu mencegah serta melawan diabetes melalui aksi nyata.

Diketahui, online festival Beat Diabetes 2021 tersebut digelar selama dua hari berturut-turut dari tanggal 6-7 April 2021, dengan menghadirkan edukasi kesehatan, sharing diabetes dari expert, hingga workshop masak sehat yang ramah diabetes. Semua program itu ditayangkan secara streaming dan bisa disaksikan oleh seluruh masyarakat.

Adapun untuk sesi pertama pada 6 April jam 09.00 WIB pagi terkait workshop masak sehat akan menghadirkan Chef Marinka. Dia akan membagikan tips bagaimana menjaga pola makan agar terhindar dari diabetes dengan masakan yang penuh serat tanpa khawatir asupan gula berlebih,

Sementara sesi kedua di hari yang sama pada jam 15.00 WIB menghadirkan Founder Sobat Diabet dr. Rudy Kurniawan, Sp.PD yang memberikan edukasi kesehatan. Kemudian di hari kedua 7 April jam 09.00 WIB akan ada Meet The Expert dengan Staf Divisi Endokrin, Metabolik dan Diabetes dari Departemen Penyakit Dalam RSCM-FKUI dr.Dicky Tahapary, Ph.D., SpPD-KEMD dan Co-Founder heySTARTIC Young Climate Champion, Vania Santoso.

Penasaran bagaimana edukasi pencegahan dalam melawan diabetes ini? Jangan lupa catat tanggalnya dan saksikan online festival Beat Diabetes ini secara streaming di detikHealth atau bisa di artikel ini.

(akd/up)