Senin, 05 Apr 2021 17:45 WIB

Hati-hati! 4 Kesalahan Saat Senam Kegel Ini Bisa Sebabkan Masalah

Ardela Nabila - detikHealth
Pregnancy yoga meditation. Full length healthy 8 months pregnant calm Asian woman meditating or doing yoga exercise at home. Relaxation yoga sitting side stretch positions. Olahraga untuk ibu hamil (Foto: iStock)
Jakarta -

Salah satu jenis latihan favorit para ibu-ibu hamil adalah senam kegel. Pasalnya, senam kegel memang memiliki manfaat penting untuk otot pinggul. Selain itu, senam ini juga dapat melatih kekuatan area intim.

Hanya saja, banyak ibu-ibu yang tidak menyadari kesalahan umum yang sering kali dilakukan saat sedang senam kegel. Hal ini sebagaimana disampaikan oleh asisten profesor di Clinical Obstetrics and Gynecology, Pamela Levin, MD dalam laman Pennmedicine.

"Banyak wanita yang mengira mereka melakukan senam kegel dengan benar, padahal sebenarnya tidak," kata Dr Levin, dikutip dari HaiBunda.

Salah satu kesalahan umum yang kerap dilakukan saat sedang senam kegel adalah saat menekan otot yang salah. Saat tangan diletakkan di perut dan otot perut menjadi kencang, maka sebenarnya itu merupakan tempat yang salah.

Selain itu, kesalahan tersebut juga dapat dirasakan pada saat bokong terasa menegang dan menurun. Disebutkan oleh Dr Levin, kebanyakan wanita yang melakukan senam kegel justru tidak mengontraksikan ototnya.

"Beberapa orang mengira mereka melakukannya dengan benar, yakni dengan mendorong dan bukan squeezing," jelasnya.

Ternyata, melakukan kesalahan-kesalahan tersebut justru akan menyebabkan masalah di kemudian hari, seperti masalah kesulitan buang air kecil.

Dikutip dari Pelvicorganprolapsesupport, apabila kontraksi dasar panggul saat senam kegel tidak dilakukan dengan benar, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya masalah panggul. Bahkan, bisa memperburuk kondisinya jika melakukan kontraksi otot panggul tanpa mengikuti program latihan otot dasar panggul yang benar.

Padahal, senam kegel merupakan jenis latihan kontraksi terisolasi dari otot panggul yang menarik dan mengangkat perineum atau area antara vagina dan anus yang seharusnya bisa melatih area tersebut untuk bergerak ke atas dan ke dalam.

Lalu, apa saja sih kesalahan umum lainnya yang sering kali dilakukan saat senam kegel?

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Mengapa Ibu Hamil di Indonesia Belum Bisa Vaksinasi COVID-19?"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)