Rabu, 07 Apr 2021 06:59 WIB

Mohon Maaf, Vaksinasi Corona untuk Pendamping Lansia Baru untuk Kota Besar

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Ratusan lansia menjalani vaksinasi COVID-19 di kawasan Jakarta Utara. Seperti diketahui, lansia jadi salah satu kelompok prioritas yang menerima vaksin Corona. Vaksin COVID-19 (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan menegaskan pendamping vaksinasi lansia yang bukan anggota keluarga juga bisa ikut mendapat vaksin Corona. Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut hal ini demi mempercepat proses vaksinasi pada usia lanjut, di atas 59 tahun.

"Yang bukan keluarganya pun bisa dibawa, kalau memang ada tetangga yang kita kenal dan memang niat kita membantu, saling membantu untuk sama-sama mengakhiri pandemi COVID-19, membantu lansia sekitar kita silahkan," beber dr Nadia dalam webinar FMB9ID_IKP, Selasa (6/4/2021).

Namun, dr Nadia mengingatkan pendamping vaksinasi lansia tak lupa untuk kembali mendampingi mereka di penyuntikan vaksin Corona dosis kedua. Adakah perbedaan persyaratan bagi pendamping vaksinasi lansia?

Persyaratan pendamping vaksinasi di proses registrasi setiap sentra vaksinasi disebut dr Nadia tak jauh berbeda. Namun, pendamping vaksinasi disebutnya harus memiliki KTP sesuai dengan tempat domisili saat ini.

"Harus melalui proses registrasi, jadi silahkan untuk registrasi lansia. sementara untuk pengantar akan diregistrasi pada saat kedatangan. Kalau untuk pengantar KTP-nya harus ada sesuai dengan KTP domisili," kata dr Nadia.

Pelaksanaan vaksinasi pendamping lansia baru bisa di mana saja?

"Saat ini kita memulai program ini khusus untuk di kota-kota besar, di provinsi yang punya beban besar dan ibu kota provinsi, proses ini baru bisa berjalan," lanjutnya.

dr Nadia mengaku kebijakan ini belum bisa dijalankan di semua tempat. Terlebih saat ini sejumlah organisasi masyarakat juga berinisiatif untuk mendata atau mengorganisir para lansia agar mendapat vaksin Corona.

Keterlibatan sejumlah organisasi tersebut disebut dr Nadia ikut membantu proses percepatan vaksinasi lansia di setiap tempat.



Simak Video "Apakah Tubuh Jadi Kebal COVID-19 Setelah Divaksin? "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)