Senin, 12 Apr 2021 18:04 WIB

10 Menu Buka Puasa Bebas Kolesterol dan Asam Lambung

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ramadan food and praying woman Ilustrasi menu buka puasa yang bebas kolesterol dan asam lambung. (Foto: iStock)
Jakarta -

Setelah berpuasa sehari penuh, banyak menu buka puasa yang menjadi pilihan seperti gorengan, es buah, dan lainnya. Tetapi, jika mengkonsumsi makanan sembarangan bisa saja memicu munculnya penyakit asam lambung hingga kolesterol.

Namun, masih ada berbagai pilihan menu buka puasa yang tetap sehat dikonsumsi lho. Tentunya menu-menu tersebut akan aman meski dikonsumsi setiap hari.

Berikut 10 menu buka puasa yang bebas kolesterol dan asam lambung yang telah dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Kurma

Menu buka puasa sehat yang pertama adalah kurma. Kurma mengandung karbohidrat yang kompleks, serat, elektrolit, serta mineral. Selain itu, kandungan kalorinya juga cukup untuk memulihkan tenaga.

Kurma juga bisa meminimalkan kolesterol jahat dan menjaga pembuluh darah arteri agar tetap sehat. Dikutip dari Healthline, kurma juga bisa membantu menjaga berat badan karena serat yang dikandungnya bisa membuat kenyang lebih lama.

2. Oat

Selain sebagai menu sarapan, oat juga bisa menjadi pilihan menu buka puasa. Dikutip dari Harvard Health Publishing, oat mengandung serat larut jenis beta glucan yang bisa menjaga kesehatan metabolisme dan menurunkan kolesterol.

3. Susu kedelai

Susu kedelai atau produk olahan lain yang dibuat dari kacang kedelai seperti tahu juga disebut-sebut ampuh untuk menurunkan kolesterol.

Bahan makanan ini mampu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL hingga 5-6 persen. Meski murah, panganan ini sehat bukan?

4. Kacang-kacangan

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kacang-kacangan seperti, almond, kenari, kacang tanah, dan lainnya sangat baik untuk jantung. Jika dikonsumsi secukupnya, ini bisa mencegah kolesterol dan mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

5. Alpukat

Dikutip dari Mayo Clinic, alpukat adalah sumber nutrisi yang kuat serta asam lemak tak jenuh. Dengan menambah alpukat pada menu buka puasa bisa membantu menekan kadar kolesterol jahat.

6. Pisang

Pisang juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk menu buka puasa yang anti ribet. Selain sehat, pisang juga menjadi sumber serat, vitamin B6 dan tidak bersifat asam, jadi aman untuk lambung.

Dikutip dari Everyday Health, pisang juga sangat baik untuk menjaga kadar kalium yang baik untuk jantung dan tulang.

7. Apel

Buah lainnya yang juga aman dikonsumsi untuk menu buka puasa adalah apel. Menurut ahli diet di Institut penyakit Pencernaan di Cleveland Clinic, Tara Harwood, MS, RD, apel memiliki kadar asam yang rendah dan kaya akan serat yang bisa membuat kenyang lebih lama.

Selain itu, apel juga bisa membantu menurunkan kolesterol dan mencegah lonjakan gula darah. Bagian kulitnya yang mengandung polifenol dan flavoid juga baik untuk tubuh.

8. Roti

Selain oat, roti juga bisa jadi pilihan untuk menu buka puasa. Dikutip dari Health, roti mudah dicerna dan mengandung serat alami, vitamin, serta nutrisi lainnya.

9. Melon

Selain pisang dan apel, melon juga aman untuk para penderita asam lambung untuk menu buka puasa. Buah satu ini menjadi sumber magnesium yaitu mineral yang sering ditemukan di berbagai obat asam lambung.

10. Putih telur

Jika bosan dengan buah dan sayur, bisa juga mencoba putih telur untuk menu buka puasa. Putih telur diketahui sangat bagus untuk penderita asam lambung. Sebelum dikonsumsi, dianjurkan untuk dimasak dengan cara direbus.



Simak Video "Ngajarin Anak Puasa Lebih Mudah Daripada Ngajarin Matematika"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)