Rabu, 14 Apr 2021 09:05 WIB

Viral Gadis Kena Tumor Payudara, Yakin Gara-gara Mi Instan? Ini Faktanya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Viral di TikTok, seorang gadis mengaku terkena tumor jinak di payudara karena terlalu sering mengonsumsi mi instan. Viral kisah seorang gadis yang terkena tumor jinak di payudara, yang disebut akibat terlalu sering makan mi instan. (Foto: Tangkapan Layar Tik Tok)
Jakarta -

Kisah seorang gadis bernama Tiara Zhara (21) viral di media sosial. Ia menceritakan tentang dirinya yang terkena fibroadenoma (FAM) atau tumor jinak di payudara.

Tiara bercerita, sebelum dirinya didiagnosis terkena FAM, ia sangat menyukai mengonsumsi mi instan dan makanan pedas hingga akhirnya tumbuh benjolan di payudaranya.

Meski begitu, bukan berarti FAM atau tumor jinak di payudara disebabkan oleh mi instan. Tiara pun mengaku bahwa ia memiliki riwayat keluarga yang juga pernah terkena penyakit ini.

"Aku nggak meyakinkan kalau aku terkena FAM itu dari makanan, karena aku ada faktor keturunan. Jadi bisa saja kan aku mengalami FAM itu karena keturunan," kata Tiara saat dihubungi detikcom, Selasa (13/4/2021).

Terus, kenapa ngakunya gara-gara mi instan?

"Cuma memang sehubungan dengan adanya gejala itu sebelumnya aku sering banget makan makanan instan dan pedas begitu," jelas Tiara.

Sebenarnya, apa saja faktor risiko FAM?

Dikutip dari Mayo Clinic, hingga saat ini belum diketahui pasti penyebab dari FAM. Namun, ada kemungkinan tumor jinak di payudara ini bisa terjadi karena dipicu oleh hormon reproduksi. Mi instan tidak termasuk dalam daftar penyebabnya.,

FAM bisa menjadi lebih besar selama masa kehamilan atau akibat penggunaan terapi hormon dan mungkin akan mengecil setelah menopause, ketika kadar hormon sudah menurun.

FAM paling sering terjadi pada wanita berusia pada wanita berusia 15-35 tahun.

Terkait keseringan mengonsumsi mi instan, dokter onkologi dari RS Mitra Kelapa Gading, dr Walta Gautama, SpB(K), Onk, telah menegaskan bahwa tak ada kaitan antara FAM dengan makanan.

"Kalaupun ada, mungkin makanannya memicu kanker (karsinogen) seperti makanan kalengan atau daging merah," katanya, dalam wawancara sebelumnya, Senin (30/9/2019).



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)