Kamis, 22 Apr 2021 13:25 WIB

Penjelasan dr Kevin Samuel soal Ekspresi 'Mesum' di Tiktok Persalinan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
TikTok dr Kevin Samuel yang melecehkan perempuan. (Viral media sosial) TikTok dr Kevin Samuel yang melecehkan perempuan. (Viral media sosial)
Jakarta -

Ulah dr Kevin Samuel dikecam publik. Konten Tiktok buatannya ramai dikritik beragam pihak lantaran mencerminkan pelecehan terhadap wanita.

Dalam video yang diunggahnya, ia berlagak tengah berbicara dengan perawat. Sambil bergoyang dan memicingkan mata, ia menyebut 'awkward moment' lantaran harus melakukan vaginal touche pada wanita hamil yang baru pembukaan 3.

Tindakan tersebutlah yang kemudian dikecam publik lantaran dr Kevin memasang ekspresi mesum, yang dinilai melecehkan perempuan.

Dalam konferensi pers yang digelar Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr Kevin menyampaikan permohonan maaf dan sesalnya kepada publik.

"Sehubungan dengan adanya kekacauan yang menimbulkan keresahan akibat video konten media sosialyang saya buat, tentunya menimbulkan banyak kerugian bagi berbagai pihak baik di dunia maya maupun dunia nyata. Saya sendiri di sini secara pribadi memohon maaf sebesar-besarnya atas kejadian atau perbuatan yang telah saya lakukan," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Kamis (22/4/2021).

Perihal konten yang dibuatnya, dr Kevin mengaku tidak berpikir panjang perihal dampak dari unggahannya. Ia menyebut memang tidak berhati-hati ketika memasang ekspresi dalam videonya.

"Saat membuat video tersebut, saya tidak berpikir panjang jangka ke depannya seperti apa. Saya minta maaf karena tidak hati-hati untuk membuat video tersebut dan tujuan saya tidak sama sekali tidak ada terpikirkan untuk saya melakukan hal-hal yang seperti Kakak bilang itu," terang dr Kevin menjawab alasan di balik ekspresi kontroversial yang dibuat dalam videonya.

Kepada dr Kevin, IDI menjatuhkan sanksi sesuai kategori pelanggaran kategori 1 dan 2, yakni pembekuan terukur selama 6 bulan.



Simak Video "Langgar Kode Etik, dr Kevin Samuel Kena Sanksi IDI "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)