Minggu, 25 Apr 2021 03:10 WIB

Minum Banyak Air Saat Sahur Malah Bikin Cepat Haus, Ini Sebabnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Unrecognizable Muslim Woman Offering Glass Of Water To Camera Standing In Modern Kitchen At Home, Wearing Hijab. Healthy Hydration, Drink More Water And Stay Hydrated. Selective Focus, Cropped Terlalu banyak minum air saat sahur malah bikin cepat haus. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio)
Jakarta -

Saat sahur, kebanyakan orang mungkin akan memilih minum lebih banyak. Hal ini bertujuan agar bisa kuat berpuasa seharian penuh.

Tapi, tahu nggak sih kalau minum banyak saat sahur itu malah bisa membuat semakin haus?

Dikutip dari Egypt Independent, dokter asal Mesir dr Ayman Al-Hady menyarankan untuk tidak minum air terlalu banyak saat sahur. Ini karena ginjal akan membuang air dalam waktu beberapa jam.

"Lebih baik memperbanyak jumlah air yang diminum pada waktu antara buka puasa dan sahur," katanya yang dikutip dari Egypt Independent, Jumat (23/4/2021).

Selain waktu minum, air yang dikonsumsi juga perlu diperhatikan. dr Hady menyarankan untuk menghindari air yang sangat dingin saat berbuka puasa, karena bisa menyebabkan pembuluh darah kapiler menyempit sehingga sulit untuk mencerna makanan.

Selain dengan minum, untuk mencegah rasa haus saat berpuasa bisa dengan mengkonsumsi buah yang mengandung banyak air dan serat makanan. Misalnya seperti semangka dan anggur.

Perlu diingat, hindari juga minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan minuman bersoda saat sahur. Sebab, sifat diuretik akan menyebabkan tubuh cepat kehilangan air.



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)