Senin, 26 Apr 2021 13:27 WIB

Menkes: Euforia Vaksinasi COVID-19 Sudah Mulai Terlihat, Prokes Mulai Longgar!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menkes Budi Gunadi Sadikin Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan euforia usai vaksinasi sudah mulai terlihat di beberapa daerah. Jika dibiarkan, lonjakan kasus COVID-19 bisa terjadi.

"Kita mengamati euforia ini juga sudah mulai terlihat. Beberapa daerah sudah mulai melonggarkan protokol kesehatan," kata Menkes dalam konferensi pers Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Menkes menegaskan vaksinasi tak membuat seseorang 100 persen kebal terhadap infeksi virus Corona. Abai terhadap protokol kesehatan dan lengah, bisa memicu lonjakan kasus seperti yang terjadi di India.

India mengalami tsunami COVID-19 dan rekor kasus harian selama 4 hari berturut-turut yang salah satunya dilatarbelakangi ketidakwaspadaan dan merasa program vaksinasi yang dilakukan sudah sukses.

Menkes mewanti-wanti jangan sampai masyarakat Indonesia terlalu terburu-buru menganggap pandemi Corona telah usai dan merasa aman setelah divaksinasi.

"Kami ingatkan sekali lagi tolong jaga prokes. Jangan sampai kerja keras yang kita lakukan, kembali rusak karena kita terlalu terburu-buru, grasa grusu, tidak eling dan waspada," paparnya.



Simak Video "Cerita Jurnalis India Menyaksikan Kekacauan Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)