Selasa, 27 Apr 2021 15:39 WIB

Pesan Satgas COVID-19: Ada yang Positif di Kantor, Operasional Tutup Sementara!

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerja Foto ilustrasi: Agung Pambudhy
Jakarta -

Klaster perkantoran di DKI Jakarta kembali meningkat dalam dua pekan terakhir. Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito pun mengimbau para pelaku usaha untuk menutup sementara operasional kantornya jika ada kasus positif.

"Kemunculan beberapa kasus positif di beberapa perkantoran mohon untuk ditindaklanjuti dengan penutupan sementara operasional kantor," kata Wiku dalam konferensi pers, Selasa (27/4/2021).

"Disinfeksi serta upaya testing dan tracing terhadap kontak erat agar tidak meluas penularannya dan menimbulkan klaster dengan optimalisasi Satgas COVID-19 yang sudah ada di perkantoran," lanjutnya.

Selain itu, sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan dalam PPKM, kapasitas pegawai yang diizinkan untuk bekerja di kantor hanya 50 persen.

"Kapasitas instansi sektor perkantoran pada daerah yang melaksanakan PPKM, tetap mengacu pada instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2021, yaitu maksimal 50 persen untuk yang hadir secara fisik di kantor dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat," jelas Wiku.

Sebelumnya diberitahukan bahwa terjadi peningkatan klaster perkantoran di DKI Jakarta, yakni dalam periode tanggal 5-11 April dan 12-18 April.

"Pada 5-11 April 2021, ini terdapat 157 kasus positif COVID-19 di 78 perkantoran. Sementara pada tanggal 12-18 April 2021, jumlah positif COVID-19 meningkat menjadi 425 kasus dari 177 perkantoran," ungkap Wiku.



Simak Video "Kasus COVID-19 DKI Terus Melonjak, Bakal Ada Pembatasan Ketat?"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/up)