Kamis, 29 Apr 2021 06:15 WIB

ROUND-UP

Buat Para Cewek, Ini Saran Wulan Guritno Sebelum Aktif Berhubungan Intim

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Wulan Guritno saat ditemui di kawasan Kemang. Foto: Hanif Hawari/detikHOT
Topik Hangat Vaksin HPV
Jakarta -

Artis Wulan Guritno menyarankan para wanita untuk segera vaksinasi HPV demi mencegah kanker serviks. Hal ini dikarenakan ia pun baru melakukan vaksinasi HPV pasca melahirkan dan punya anak.

"Sedini mungkin lebih baik, lebih maksimal hasilnya. Tetapi tidak pernah ada kata terlambat," kata Wulan dalam diskusi daring tentang kanker serviks, Selasa (28/4/2021).

"Seperti aku gini kan sebenarnya terlambat. Karena aku sudah melakukan suntik HPV setelah mempunyai anak, setelah pernah berhubungan intim," lanjut Wulan.

Dari sekian jenis kanker, kanker serviks menjadi satu-satunya kanker yang bisa dicegah melalui vaksinasi. Kanker serviks umumnya dipicu HPV (Human Pappiloma Virus) dan penularan utamanya melalui hubungan seksual.

Tentu saja, perilaku seks berperan besar dalam risiko kanker mematikan ini. Virus ini sebenarnya bisa juga menginfeksi pria, namun tidak sampai memicu kanker serviks karena pria tentu tak memiliki organ tersebut.

Namun, yang perlu diwaspadai, pria punya potensi besar untuk menularkan HPV pada pasangannya.

"Usahakan untuk selalu stick dengan 1 pasangan. Jangan gonta-ganti pasangan karena akan meningkatkan risiko infeksi HPV," jelas dr Maria Ratna Andijani, SpOG, dokter kandungan dari RS Siloam Kebon Jeruk, dalam kesempatan yang sama.

Di sisi lain, kanker serviks juga bisa dideteksi sedini mungkin lewat tindakan pap smear. Meski begitu, kanker serviks kerap diketahui pasca stadium lanjut sehingga memiliki kemungkinan lebih kecil untuk bertahan.



Simak Video "TOP 5: Vaksin AstraZeneca Disetujui di RI, Aa Gym Ceraikan Teh Ninih"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)
Topik Hangat Vaksin HPV