Sabtu, 01 Mei 2021 05:10 WIB

Dianjurkan Sebelum Aktif Berhubungan Seks, Berapa Sih Harga Vaksin HPV?

Tim detikHealth - detikHealth
Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) juga memberikan vaksin HPV kepada siswa SD kelas 5 dan 6. Vaksin ini untuk mencegah kanker serviks atau kanker mulut rahim. Vaksin HPV lebih dianjurkan sebelum aktif secara seksual (Foto: Agung Pambudhy)
Topik Hangat Vaksin HPV
Jakarta -

Kanker serviks pada wanita bisa dicegah dengan vaksin HPV (Human Papilloma Virus), para dokter menganjurkannya sebelum aktif berhubungan seks. Konon nggak gratis seperti vaksin Corona, berapa sih harganya?

Dalam diskusi daring tentang kanker serviks, artis muda Prilly Latuconsina memberikan gambaran soal harga vaksin HPV. Pada dasarnya, Prilly mengatakan mahal atau murah itu relatif, terlebih jika mengingat manfaatnya.

Sebagai pembanding, Prilly membuat itung-itungan berdasarkan jumlah total belanja untuk bersenang-senang saat sedang jalan-jalan ke mal.

"Coba kita hitung seharian di mal, nonton bioskop udah 100 ribu, popcorn 50 ribu, uang bensin sudah 150 ribu," papar Prilly, Selasa (27/4/2021).

"Belum kalau makan. Makan sushi sekali makan 400 ribu. Seharian di mal bisa vaksin kanker serviks yang mengamankan kita dari kanker serviks," lanjutnya.

Meski nggak gratis, menyisihkan uang jajan untuk vaksin HPV menurut Prilly sebanding dengan manfaat yang didapat yakni terhindari dari salah satu jenis kanker paling mematikan tersebut.

"Kita lebih baik mencegah daripada mengobati. Daripada kita sudah menikah, sudah sexually active, nggak sadar apa yang sudah terjadi," kata Prilly.

Artis lain yang juga menyarankan vaksin HPV sebelum aktif secara seksual adalah Wulan Guritno. Menurutnya, mencegah lebih baik daripada mengobati.

"Aku melakukan suntik (vaksin) HPV itu setelah mempunyai anak, setelah berhubungan intim dan punya anak. Tapi tidak ada kata terlambat," kata Wulan.

Wanita lebih dianjurkan untuk vaksin karena lebih berisiko, namun pada dasarnya laki-laki juga punya bisa tertular maupun menularkan HPV. Pada wanita, infeksi HPV yang ditularkan melalui hubungan seks adalah penyebab kanker serviks.

"Jadi di sini kita harus kembali menekankan kesadaran akan lifestyle yang sehat seperti single sexual partner atau jangan melakukan hubungan seksual dari usia dini," kata dr Maria Ratna Andijani, SpOG, dokter kandungan dari RS Siloam Kebon Jeruk.



Simak Video "Mengenal Rekonstruksi Payudara untuk Penyintas Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Vaksin HPV