Sabtu, 01 Mei 2021 06:15 WIB

Putus Asa Hadapi COVID-19, Warga India Usir 'Roh Jahat' dengan Cap Besi Panas

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Coronavirus Outbreak and Public Health Risk Disease, Lockdown and Quarantine, State Of Emergency Concepts COVID-19 di India (Foto: Getty Images/iStockphoto/goc)
Jakarta -

Sebagian warga pedesaan di India meyakini COVID-19 sebagai penyakit yang disebabkan oleh roh jahat. Praktik dukun memunculkan terapi yang menyakitkan yakni stempel besi panas.

Kepala medis Chinchpada Christian Hospital di negara bagian Maharashtra, Dr Ashita Singh, mengatakan sebagian warga di pedesaan masih sangat tergantung pada pengobatan tradisional.

"Kami masih punya banyak pasien dirawat saat ini dengan tanda di perutnya karena mereka lebih dulu datang ke dukun dan mendapat stempel besi panas dengan harapan roh jahat yang menyebabkan penyakit bisa diusir," katanya kepada Radio 4 BBC.

Keyakinan semacam ini masih banyak ditemukan dan memperparah laju penularan COVID-19. Beberapa warga bahkan pergi meninggalkan desanya untuk menjauhi 'roh jahat', yang akhirnya malah memperluas penularan.

"Banyak waktu terbuang dan orang datang sudah sangat terlambat, sangat sakit, dan banyak di antaranya tidak pernah ke rumah sakit, jadi yang kita lihat ini hanya puncak gunung es," jelas Dr Ashita.

India tengah menghadapi terjangan 'tsunami' COVID-19 gelombang kedua yang terbilang dahsyat. Wilayah pedesaan yang pada gelombang pertama tidak terlalu terdampak, kali ini ikut luluh lantak.

Rumah sakit di sejumlah wilayah di India kewalahan. Ruang perawatan penuh, persediaan oksigen dan obat-obatan jadi rebutan.



Simak Video "Gerak PBB Bantu India Hadapi Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)