Senin, 03 Mei 2021 03:15 WIB

Agar Tak Cepat Lemas, Hindari 4 Kebiasaan Tidak Sehat saat Sahur

Ardela Nabila - detikHealth
5 Adab Makan Sahur Menurut Ajaran Islam, Simak Yuk! Beberapa kebiasaan yang harus dihindari saat sahur. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sahur menjadi waktu penting selama bulan Ramadhan untuk mengisi energi yang dibutuhkan oleh tubuh sebelum berpuasa selama 14 jam. Namun, terdapat sejumlah kebiasaan saat makan sahur yang justru sebenarnya tidak sehat.

Padahal, menjaga kesehatan tubuh selama bulan Ramadhan merupakan salah satu hal yang esensial agar selama beraktivitas seharian sambil berpuasa tubuh menjadi tidak lemas.

Dikutip dari laman Prime Plus Med, berikut 4 kebiasaan tidak sehat saat sahur yang harus dihindari.

1. Hanya fokus pada konsumsi cairan

Dehidrasi memang merupakan tantangan terbesar selama berpuasa seharian. Namun, meminum terlalu banyak cairan atau air putih saat sahur bukan berarti kamu tidak akan merasa haus di siang hari.

Justru, hal ini bisa menyebabkan perut menjadi mual dan membuat kamu harus bolak-balik ke toilet berkali-kali. Agar tetap terhidrasi selama berpuasa, kamu bisa menyicil minum 8 gelas air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan dengan meminumnya 2 gelas saat berbuka puasa, 1 gelas setiap jam setelah berbuka dan sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

2. Mengonsumsi minuman kafein

Keinginan untuk minum kopi saat sahur terkadang memang datang menghampiri. Apalagi, selama berpuasa nanti kita harus menghilangkan rutinitas minum kopi sebelum memulai aktivitas. Adapun tujuan minum kopi saat sahur yaitu guna menghilangkan kantuk usai sahur.

Tetapi, kebiasaan ini justru tidak sehat, lho. Karena kandungan kafein akan membuat kamu menjadi lebih banyak buang air kecil, dengan demikian kamu akan lebih cepat dehidrasi di kemudian hari.

3. Makan berlebihan

Kebanyakan orang berpikir bahwa makan sebanyak-banyaknya saat sahur bisa membantu tubuh terhindar dari rasa lapar di kemudian hari. Namun, alih-alih bisa membuat kamu menjadi kenyang seharian, makan berlebihan saat sahur justru berdampak buruk bagi kesehatan, lho.

Pola makan yang berlebihan ini bisa berdampak negatif, yakni meningkatkan jumlah lemak dalam tubuh, meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan stroke, serta bisa mengganggu regulasi rasa lapar.

4. Mengonsumsi makanan asin

Kebiasaan tidak sehat lainnya yang kerap dilakukan saat sahur adalah mengonsumsi makanan tinggi natrium. Padahal, garam bersifat menarik cairan yang akan membuat kamu menjadi mudah haus saat berpuasa. Dengan demikian, kamu justru berisiko dehidrasi dan lemas saat beraktivitas.



Simak Video "Kunci Puasa Lancar, Ahli Gizi: Penting Makan Sahur"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)