Senin, 03 Mei 2021 12:03 WIB

Mengenal Ritalin, Obat yang Diamankan Bersama Daniel Mardhany 'Deadsquad'

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Daniel Mardhany Daniel Mardhany ditangkap polisi terkait kasus narkoba. (Foto: ist)
Jakarta -

Vokalis Deadsquad Daniel Mardhany ditangkap pihak kepolisian di kediamannya di Pamulang, Tangerang Selatan, terkait kasus narkoba. Salah satu obat yang diamankan adalah Ritalin.

Dalam pemeriksaan, Daniel diketahui positif mengkonsumsi ganja dan psikotropika lainnya.

"Positifnya mengandung ganja sama psikotropika," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Minggu (2/5/2021).

Selain mengonsumsi ganja, Daniel Mardhany juga diketahui mengkonsumsi tembakau sintetis. Di TKP, polisi juga menemukan barang bukti lainnya berupa satu butir ritalin atau metilfenidat.

"1 (satu) butir Ritalin atau metilfenidat," ujar Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Guruh Arif Darmawan.

Obat apakah itu Ritalin?

Dikutip dari WebMD, ritalin atau metilfenidat adalah obat yang biasanya dikonsumsi untuk mengobati gangguan attention deficit disorder (ADD), attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), dan narkolepsi atau gangguan tidur tertentu.

Obat ini berfungsi untuk mengubah jumlah zat alami tertentu di dalam otak. Ritalin termasuk dalam kelas obat yang dikenal sebagai stimulan. Ini bisa membantu meningkatkan kemampuan seseorang untuk memperhatikan, tetap fokus pada suatu aktivitas, dan mengendalikan masalah perilaku.

Umumnya, orang-orang yang mengkonsumsi obat ini sesuai anjuran dokter, tidak menimbulkan efek samping yang serius. Tetapi, ritalin ini bisa meningkatkan tekanan darah seseorang yang mengkonsumsinya.

Jik dikonsumsi tidak sesuai resep dokter, ada beberapa efek samping yang bisa muncul, seperti:

- Gugup
- Sulit tidur
- Kehilangan nafsu makan
- Penurunan berat badan
- Pusing
- Mual
- Muntah
- Sakit kepala



Simak Video "Aturan Malaysia soal Penggunaan Ganja untuk Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)