Rabu, 05 Mei 2021 19:30 WIB

Ada Varian Corona India Mutan Ganda, Singapura Langsung Perketat Pembatasan!

Ayunda Septiani - detikHealth
Negara China, Singapura, dan Jepang adalah negara yang berhasil menghadapi wabah COVID-19 dengan baik. Namun mereka harus mengantisipasi adanya gelombang kedua. (Foto: Getty Images)
Jakarta -

Singapura akan memperketat pembatasan sosial dan memperketat pengawasan di perbatasan mulai Sabtu (8/5/2021) mendatang.

Langkah tersebut diambil setelah Singapura mencatat adanya kasus varian baru virus Corona pada Selasa (4/5/2021). Salah satu kasus yang terdeteksi adalah varian baru yang pertama kali terdeteksi India.

Dikutip dari laman Reuters, Singapura mengonfirmasi ada lima kasus virus Corona COVID-19 baru yang didapat secara lokal.

Singapura kembali melaporkan lonjakan kasus COVID-19 selama sepekan terakhir setelah sebelumnya hanya melaporkan sangat sedikit kasus lokal. Disebutkan, jumlahnya meningkat di pusat perdagangan dan keuangan Asia selama seminggu terakhir, terutama terkait dengan penularan di rumah sakit.

Orang dengan riwayat perjalanan di negara berisiko tinggi dan yang datang mulai Sabtu mendatang dan seterusnya juga harus menjalani karantina selama 21 hari, bukan selama 14 hari.

Pertemuan sosial juga akan dibatasi untuk lima orang. Sementara untuk tempat gym dalam ruangan dan pusat kebugaran akan ditutup.

Langkah-langkah baru tersebut merupakan pembatasan lokal yang paling ketat sejak Singapura mulai melonggarkan pembatasan pada pertengahan tahun lalu setelah lockdown parsial.

Di antara infeksi yang terdeteksi dalam kelompok COVID-19 terbaru di rumah sakit, sembilan dari 40 kasus telah divaksinasi penuh.

"Karena vaksinasi, kasus-kasus ini tidak bergejala atau memiliki gejala ringan, dan sejauh ini tidak ada yang membutuhkan oksigen," kata Menteri Kesehatan Gan Kim Yong.

"Karena itu vaksinasi tetap menjadi alat penting untuk membantu menurunkan risiko infeksi dan penyakit parah," ujarnya.



Simak Video "Hanya Mengingatkan! Hati-hati dengan Varian Mu"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/naf)