Kamis, 06 Mei 2021 03:42 WIB

Round Up

49 WN India Masuk RI Positif Corona, Kemenkes Cek Kemungkinan Varian Baru

Firdaus Anwar - detikHealth
Coronavirus Outbreak and Public Health Risk Disease, Lockdown and Quarantine, State Of Emergency Concepts India COVID-19 (Foto: Getty Images/iStockphoto/goc)
Jakarta -

Kementerian Kesehatan RI melaporkan total sudah ada 49 warga negara India yang positif COVID-19 dari yang semula hanya 12 kasus. Mereka termasuk dalam kelompok ratusan orang yang baru-baru ini datang ke Indonesia dari India.

"Total sebanyak 49 kasus sampai sebelum ditutup kemarin (larangan WNA India masuk ke Indonesia)," demikian konfirmasi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Siti Nadia Tarmizi kepada detikcom Rabu (5/5/2021).

Pemerintah RI diketahui kini sudah menutup pintu masuk warga negara asing (WNA) dari India atau memiliki riwayat perjalanan ke India dalam 14 hari terakhir. Tujuannya demi mencegah masuknya varian Corona baru yang dikhawatirkan bersifat lebih mudah menular.

Hanya saja sebelum aturan penutupan pintu masuk dari India diberlakukan, ratusan orang diketahui sudah melakukan perjalanan ke Indonesia.

India saat ini sedang menghadapi krisis COVID-19 terbesar dalam sejarahnya. Banyak orang tak bisa mendapat perawatan karena rumah sakit penuh dan kehabisan suplai oksigen medis.

Dari WNA India yang masuk ke Indonesia, dilaporkan ada satu kasus varian mutan ganda B1617. Pasien merupakan wanita berusia 38 tahun yang saat ini tengah dirawat di RSPI DKI Jakarta.

Varian B1617 merupakan varian lokal India yang diduga ahli bersifat lebih menular dan berbahaya. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengkategorikan varian ini sebagai variant of interest atau variant under investigation.

"Saat ini WNA tersebut kondisinya stabil, sehat, dan dirawat di RSPI untuk proses isolasi," ungkap Nadia menjelaskan kondisi pasien B1617 di RSPI.

Kemenkes menjelaskan total ada 59 spesimen positif Corona dari para WNA yang menjalani tes whole genome sequencing (WGS). Tes dilakukan untuk mengetahui apakah virus merupakan varian atau bukan.

Nadia belum bisa memastikan kapan seluruh hasil WGS akan keluar. Namun, selambat-lambatnya diumumkan pekan ini.



Simak Video "India Tak Ingin B1617 Disebut 'Varian Corona India'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)
DMentor
×
The Right Man In The Right Place Dalam Bisnis
'The Right Man In The Right Place' Dalam Bisnis Selengkapnya