Kamis, 06 Mei 2021 06:24 WIB

3 Varian Corona Baru Sudah Masuk RI, Ini Sebaran Kasusnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Warga tampak berkerumun saat berolahraga di kawasan Kanal Banjir Timur, Jakarta Timur, Minggu (7/3). Padahal kasus positif COVID-19 di DKI masih tinggi. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Kementerian Kesehatan mencatat ada 3 jenis varian virus Corona baru yang sudah masuk ke Indonesia. Varian Corona tersebut adalah B117 dari Inggris, B1351 dari Afsel, dan B1617 dari India.

Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr Siti Nadia Tarmizi menyebut salah satu faktor terjadinya lonjakan kasus di beberapa negara adalah hadirnya varian baru COVID-19.

Salah satu jenis varian Corona yang jadi perhatian adalah B117 dari Inggris. Nadia mengatakan varian B.117 ini diketahui memiliki tingkat penularan yang lebih tinggi sekitar 36 sampai 75 persen dibandingkan dengan jenis virus yang beredar sebelumnya.

"Jadi dengan surveilans kita mewaspadai penambahan kasus B. 117 dan B.1351, serta B. 1617 yang sudah masuk ke Indonesia. Hasil akhir ini sudah kita dapatkan dari hasil pemeriksaan per tanggal 30 April," ucap Nadia.

Berikut daftar 3 varian Corona baru yang terdeteksi di Indonesia dan sebarannya:

B1617

Kepulauan Riau: 1 kasus

DKI Jakarta: 1 kasus

B117

Sumatera Utara: 2 kasus

Sumatera Selatan: 1 kasus

Banten: 1 kasus

Jawa Barat: 5 kasus

Jawa Timur: 1 kasus

Bali: 1 kasus

Kalimantan Timur: 1 kasus

B1351

Bali: 1 kasus

Nadia mengimbau kepada masyarakat untuk mengurangi mobilitas untuk mencegah penularan varian Corona meluas. Situasi yang ada di Indonesia mengharuskan masyarakat untuk mematuhi betul apa yang sudah dianjurkan atau dilarang oleh pemerintah.

"Tidak ada yang menjamin bahwa dengan membawa hasil pemeriksaan laboratorium yang negatif selama dalam perjalanan ataupun selama dalam proses kita menuju kampung halaman misalnya, kita tidak terpapar COVID-19," tutur Nadia.



Simak Video "Diduga Varian Mutasi Baru Corona Telah Masuk ke Sleman"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)