Jumat, 07 Mei 2021 14:00 WIB

Tak untuk Dibuat Wangi, Ini Cara yang Benar Merawat Miss V

Vidya Pinandhita - detikHealth
peterseli dimasukin ke vagina Cara yang benar merawat Miss V. Foto: iStock
Jakarta -

Sebuah konten Tiktok bikin geram warganet. Dalam video berdurasi 15 detik, 3 orang laki-laki menyebut, percuma wanita merawat wajah jika bagian bawah alias area Miss V 'bau sampah'.

Dokter spesialis kulit dan kelamin Dr dr I Gusti Nyoman Darmaputra, SpKK(K), FINSDV, FAADV, dari DNI Skin Centre tidak membenarkan upaya mewangikan area vagina, termasuk dengan sabun pencuci. Menurutnya, penggunaan sabun ini malah bisa mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik di vagina.

"Pemakaian sabun pembersih vagina tidak dianjurkan karena justru dapat mengganggu keseimbangan pH dan bakteri baik di vagina. Serta berisiko menimbulkan iritasi pada area vagina," terangnya pada detikcom, Kamis (6/5/2021).

Menurutnya, aroma pada area miss V adalah normal sehingga wanita tidak perlu menggunakan sabun pencuci untuk membuat wangi vagina.

"Iya memang bau normal. Sama seperti bau vagina pada anak-anak," imbuhnya.

Namun jika aroma pada miss V amis dan menyengat, terkadang disertai gatal dan cairan keputihan berwarna kehijauan, bisa jadi ada infeksi akibat jamur, bakteri, atau parasit.

Lalu, bagaimana cara merawat dan membersihkan vagina yang aman? Berikut paparan dr Darma:

  • Bersihkan menggunakan air bersih yang mengalir. Bagian luar vagina bisa dibersihkan dengan sedikit sabun berbahan lembut, sedangkan bagian dalam cukup dengan air saja.
  • Vagina cukup dibersihkan 1-2 kali sehari. Jika terlalu berlebihan dapat menyebabkan iritasi.
  • Arah membersihkan dari depan ke belakang.
  • Hindari membersihkan vagina dengan spons. Cukup gunakan tangan yang bersih.
  • Keringkan dengan handuk yang lembut dan bersih.
  • Hindari penggunaan produk pewangi, shower gel, scrub, deodorant, tisu basah, douches, krim, dan herbal karena bisa menyebabkan iritasi.
  • Gunakan pakaian dalam berbahan katun dan tidak ketat.


Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)