Sabtu, 08 Mei 2021 18:01 WIB

Suami Tasya Kamila Idap Hodgkin Lymphoma Stadium 2, Penyakit Apa Itu?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Tasya Kamila dan Randi Bachtiar saat ditemui di kawasan Brawijaya. Suami Tasya Kamila, Randi Bachtiar, mengidap kanker limfoma hodgkin stadium 2. (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Suami dari mantan artis cilik Tasya Kamila, Randi Bachtiar, dikabarkan mengidap kanker hodgkin lymphoma stadium dua. Hal ini diungkapkan oleh Tasya lewat akun Instagram pribadinya.

"Suamiku @randibachtiar sedang berjuang melawan kanker (Limfoma Hodgkin stadium 2). Dia sudah menjalani operasi, kemoterapi, dan sekarang menjalani radioterapi yang diharapkan menjadi fase terakhir perawatannya," tulis Tasya yang dilihat detikcom dalam postingannya, Sabtu (8/5/2021).

"Saat ini gw sedang berikhtiar dan berjuang melawan kanker (kelenjar) getah bening (Lymphoma Hodgkin), salah satu jenis kanker yang insya Allah bisa diobati dan disembuhkan," ujar Randi Bachtiar.

Apa itu hodgkin lymphoma?

Hodgkin lymphoma atau limfoma hodgkin adalah salah satu jenis kanker pada kelenjar getah bening (limfoma), jaringan yang berperan untuk mengontrol sistem kekebalan tubuh. Kondisi ini membuat sel-sel dalam sistem limfatik tumbuh secara tidak normal dan bisa menyebar.

Dikutip dari Mayo Clinic, efeknya limfoma akan kehilangan fungsinya untuk melawan infeksi. Sehingga pengidap limfoma hodgkin ini akan rentan terhadap infeksi.

Penyakit ini bisa menyerang orang-orang dari segala usia. Tetapi, kondisi ini paling sering diidap oleh orang-orang yang berusia antara 20 sampai 40 tahun, dan mereka di usia 55 tahun.

Saat seseorang mengidap limfoma hodgkin, ada beberapa gejala yang bisa dialami. Gejala yang paling umum adalah terjadi pembengkakan kelenjar getah bening yang tidak nyeri di leher, ketiak, atau selangkangan dan sering merasa kelelahan.



Simak Video "Mikro Lockdown, Strategi Kemenkes Tekan Laju Lonjakan Covid-19 "
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)