Senin, 10 Mei 2021 20:55 WIB

Round Up

India Digemparkan Infeksi Jamur Hitam, Picu Kebutaan pada Pasien COVID-19

Vidya Pinandhita - detikHealth
New Delhi - India kembali melaporkan rekor tertinggi untuk kasus harian virus Corona (COVID-19) di wilayahnya, dengan mencatat lebih dari 414 ribu kasus dalam 24 jam terakhir. Ini berarti selama sepekan terakhir, India mencatat 1,57 juta kasus Corona di berbagai wilayahnya. Foto: Getty Images/Getty Images
Jakarta -

Di tengah terpaan gelombang dahsyat tsunami COVID-19, warga India kini menghadapi masalah baru. Sejumlah pasien, bahkan yang sudah dinyatakan sembuh dari COVID-19 dilaporkan mengalami infeksi jamur hitam atau mucormycosis, menyerang bagian sinus dan menyebabkan kebutaan.

Berdasarkan skrining oleh Indian Council of Medical Research (ICMR), Mucormycosis dialami oleh pasien COVID-19 yang memiliki riwayat diabetes dan tidak terkontrol. Jamur ini menyerang pasien COVID-19 yang sedang atau sudah menjalani pengobatan, yang menyebabkan tubuh mereka lemah melawan patogen lingkungan.

"Mucormycosis jika tidak ditangani bisa berakibat fatal. Sinus atau paru-paru orang tersebut terganggu akibat spora jamur terhirup dari udara," terang ICMR, dikutip dari The Tribune India, Senin (10/5/2021).

ICMR menyebut, pasien aktif dan post-COVID-19 dengan riwayat diabetes melitus yang tidak terkontrol perlu mewaspadai risiko mucormycosis. Terlebih, jika pasien sempat menjalankan perawatan di ruang ICU dalam waktu lama, atau sempat mengonsumsi obat steroid dengan efek samping imunosupresan atau menurunkan sistem kekebalan tubuh.

Walhasil, pasien COVID-19 dengan riwayat diabetes perlu melakukan kontrol gula darah secara rutin baik semasa perawatan, atau setelah dinyatakan negatif COVID-19. Pastikan air dan humidifier yang digunakan steril.

Pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut perlu dilakukan jika pasien COVID-19 dengan riwayat diabetes mengalami gejala berupa nyeri pada 1 sisi wajah, perubahan warna kehitaman pada hidung dan langit-langit mulut, sakit gigi, penglihatan kabur atau berbayang kadang disertai nyeri, nyeri dada, dan gangguan pernapasan.

Gejala lebih ringan yang pula perlu dicurigai tak lain kemerahan di sekitar mata dan hidung, demam, sakit kepala, batuk, muntah berdarah, hingga perubahan kondisi mental.



Simak Video "India Nyatakan Epidemi Kasus Jamur Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)