Selasa, 11 Mei 2021 05:33 WIB

Puluhan Jenazah Terdampar di Sungai Gangga India, Diduga Korban COVID-19

Firdaus Anwar - detikHealth
Virus Corona di India terus mengganas. Pemerintah India pada Kamis (22/4) ini melaporkan lebih dari 300.000 kasus infeksi virus Corona selama 24 jam terakhir. Foto ilustrasi: AP Photo
Jakarta -

Setidaknya sudah ada sekitar 40 jenazah yang ditemukan terdampar di pinggiran Sungai Gangga, India. Tidak jelas dari mana asal muasal jenazah tersebut, namun laporan media setempat menduga mereka adalah korban COVID-19 yang sengaja dihanyutkan.

Ada kepercayaan mengkremasi dan menghanyutkan jenazah di Sungai Gangga dapat meningkatkan derajat orang tersebut di kehidupan berikutnya. Hanya saja karena kekurangan kayu bakar akibat tingginya permintaan kremasi, sebagian warga terpaksa menghanyutkan jenazah kerabat dalam kondisi seadanya.

"Rumah sakit swasta menguras masyarakat. Warga biasa sudah tidak punya uang untuk membayar pemangku dan melaksanakan kremasi di tepi sungai. Mereka meminta uang 2.000 rupee (sekitar Rp 39.000) hanya untuk mengeluarkan jenazah dari ambulans," ungkap salah satu warga Chandra Mohan, seperti dikutip dari BBC pada Selasa (11/5/2021).

"Sungai ini jalan terakhir. Jadi orang-orang menghanyutkan jenazah dengan begitu saja," lanjutnya.

Sebagian besar jenazah diduga berasal dari Uttar Pradesh, salah satu daerah di India yang paling terdampak parah oleh gelombang tsunami COVID-19. Setiap harinya di India bisa terdapat lebih dari 4.000 kematian karena COVID-19.



Simak Video "Cerita Jurnalis India Menyaksikan Kekacauan Tsunami COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)