Rabu, 12 Mei 2021 12:26 WIB

Jelang Lebaran, Begini Cara Kontrol Kolesterol Agar Tak Naik saat Makan Enak

Ardela Nabila - detikHealth
Ilustrasi kumpul keluarga Lebaran Foto: Getty Images/ibnjaafar
Jakarta -

Saat Lebaran, berbagai variasi menu makanan akan tersedia di meja makan. Mulai dari makanan seperti opor ayam, gulai, dan rendang. Lebaran juga sering kali dijadikan sebagai ajang 'balas dendam' setelah sebulan penuh berpuasa.

Padahal, di balik kebiasaan 'balas dendam' yang rentan membuat seseorang makan berlebihan tersebut, terdapat bahaya yang menyertai, salah satunya adalah kolesterol. Naiknya kadar kolesterol menjadi salah satu ancaman terbesar umat Muslim saat Lebaran.

Oleh sebab itu, menurut dr BRM Ario Soeryo Kuncoro, SpJP (K) dari Heartology Cardiovaskular Center, penting untuk menghindari makan berlebih saat lebaran. Sebaliknya, meski sudah tidak berpuasa, tetap konsumsi makanan yang sesuai dengan menu sehari-hari.

"Kita kan pada ngirim hampers, pada ngirim parcel, itu kan rata-rata kue kering gitu, ya. Rata-rata makanannya kategorinya manis, kue olahan. Saya rasa sih sebetulnya jawabannya jangan kalap (saat Lebaran), yang kedua makan sesuai dengan menu yang biasa sehari-hari, dan tidak mengonsumsi makanan yang berlebihan dari biasanya," ujar dr Ario dalam Zoom Media Gathering, Sabtu (8/5/2021).

Selain itu, membatasi konsumsi berbagai jenis kue yang tersedia saat lebaran juga perlu diperhatikan. Sebab, terlalu banyak snacking dapat berpotensi meningkatkan kadar gula darah yang juga bisa memicu gangguan kolesterol.

"Hindari snacking, ya. Snacking ini biasanya yang menimbulkan kenaikan dari gula darah yang tidak normal. Dan tentunya juga mengarah pada gangguan dalam kolesterol," lanjutnya.



Simak Video "Epidemiolog Sebut Larangan Mudik Tak Efektif Tekan Mobilitas Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)