Jumat, 14 Mei 2021 06:00 WIB

Masih Ada Sisa Opor Ayam, Bagaimana Cara Menyimpan Agar Tak Terkontaminasi?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Opor ayam. Indonesian chicken curry Cara menyimpan sisa opor ayam agar tak terkontaminasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/AmalliaEka)
Topik Hangat LEBAR-an Habis Lebaran
Jakarta -

Keracunan makanan sering terjadi ketika menyantap makanan sisa. Perayaan lebaran tentu menyisakan beragam santapan lezat, yang harus disimpan dengan benar agar tak terkontaminasi.

Bukan cuma saat lebaran sebenarnya, Prof dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM dari RS Cipto Mangunkusumo menyebut kebiasaan menyimpan makanan sebanyak-banyaknya di kulkas cenderung meningkat di masa pandemi karena harus 'stay at home'.

"Pada saat penyimpanan makanan, harus tetap diperhatikan makanan yang matang jangan berdekatan dengan makanan yang mentah sehingga makanan yang matang tidak terkonsumsi dengan bakteri yang kebetulan hidup pada makanan yang mentah tersebut," pesan Prof Ari.

Selain itu, Prof Ari juga mengingatkan bahwa makanan yang disimpan lama di suhu kamar cenderung mengalami kontaminasi. Seringkali, tidak disertai perybahan bau dan bentuk sehingga kontaminasi sering tidak disadari.

"Oleh karena itu proses pemanasan makanan tersebut baik secara langsung atau melaluimicrowave harus tetap dilakukan pada saat makanan tersebut dikonsumsi kembali," katanya.

Menjaga kualitas makanan sisa tidak hanya penting untuk mencegah keracunan, tetapi juga agar daya tahan tubuh selalu prima. DI tengah pandemi COVID-19, sistem imun yang lemah membuat seseorang rentan tertular.



Simak Video "Dear Pelaku Mudik, Jangan Lupa Periksa Swab Antigen atau PCR Ya!"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat LEBAR-an Habis Lebaran