Kamis, 13 Mei 2021 15:00 WIB

Makan 3 Kue Nastar Setara dengan Sepiring Nasi, Mitos atau Fakta?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Original Nastar is the traditional Indonesian. So crunchy in the first bite but will melting at the end because it made from cheese and spread with cheese. Rich of cheese but will be amazing taste for you. MItos-fakta soal 3 buah nastar setara dengan sepiring nasi. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Laras Aulia)
Jakarta -

Selain ketupat, Lebaran juga identik dengan suguhan kue-kue kering yang manis dan lezat. Dari beragam kue kering, nastar pasti selalu ada karena menjadi tradisi warga Indonesia saat Lebaran tiba.

Nastar umumnya dibuat dari beberapa bahan, seperti tepung terigu, telur, margarin, gula, dan selai nastar. Namun, adapula yang menyebutkan bahwa makan 3 buah nastar sama dengan satu piring nasi, benar nggak sih?

Menanggapi hal ini, dokter spesialis gizi dr Saptawati Bardosono mengatakan kalori pada kue nastar berbeda-beda, tergantung bahan yang digunakan. Tetapi, biasanya satu butir nastar disebutnya memiliki 40 kalori.

Jadi, jika memakan tiga butir sama dengan 120 kalori. Jumlah kalori tersebut setara dengan sepiring nasi (100 gram) yang mengandung 130 kalori.

"Dalam satu buah kue nastar, biasanya terkandung 40-an kalori, kalau dibandingkan dengan 100 gram nasi yang punya 130 kalori, maka tentunya akan sama dengan kalau kita mengkonsumsi sekitar 3 buah kue nastar," kata dr Saptawati yang dikutip dari CNN Indonesia, Kamis (13/5/2021).

"Bergantung pada resepnya akan menghasilkan beberapa butir nastar, sehingga total kalori per resep tinggal dibagi dengan jumlah kue yang dihasilkan," lanjutnya.

Selain nastar, dr Saptawati mengatakan kue kering lainnya yang dibuat dari tepung terigu, mentega, dan gula juga memiliki jumlah kalori yang mirip dengan nastar.

"Kalori kue Lebaran lainnya juga kalorinya mirip-mirip (dengan nastar) karena terbuat dari bahan yang sama," ujar dr Saptawati.

Selain itu, ia juga mengingatkan untuk menjaga porsi saat mengkonsumsi makanan seperti itu. Sebab, semua makanan yang enak, gurih, dan membuat orang ingin terus mengkonsumsinya biasanya kaya akan kalori, lemak, gula, dan garam.



Simak Video "Epidemiolog Sebut Larangan Mudik Tak Efektif Tekan Mobilitas Masyarakat"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)