Sabtu, 22 Mei 2021 05:00 WIB

Vaksin Pfizer Diklaim Efektif Melawan Corona Varian India B1617

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Treat India with a vaccine to produce immunity against the deadly coronavirus disease. Foto: Getty Images/iStockphoto/Preeti M
Jakarta -

Perusahaan yang mengembangkan vaksin Corona bersama Pfizer, BioNTech, mengatakan vaksin buatannya efektif terhadap varian baru Corona dari India B1617. Mereka meyakini hal tersebut karena vaksin Corona ini sudah terbukti ampuh melawan varian COVID-19 dari Afrika Selatan (Afsel).

"Sejauh ini, kami memiliki kesempatan untuk menguji vaksin kami terhadap lebih dari 30 varian virus. Sejauh ini terbukti efektif melawan mutasi," kata Sahin dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Global News, Jumat (21/5/2021).

CEO BioNTech Ugur Sahin mengatakan dalam makalah ilmiah bahwa antibodi yang ditimbulkan vaksin tersebut mampu menetralkan varian India. Dalam percobaannya terhadap varian Afsel, vaksin Pfizer ini efektif memberikan perlindungan hingga 75 persen.

"Kami mengharapkan (vaksin kami) untuk melindungi dari infeksi 70 persen hingga 75 persen," lanjutnya.

Varian COVID-19 yang disebut B1617 pertama kali terdeteksi di India dan telah menyebar ke banyak negara, salah satunya Indonesia. Menurut WHO, varian ini sudah menyebar ke setidaknya 26 negara.

Varian COVID-19 India ini disebut lebih berbahaya karena terdiri dari dua mutasi. Hal inilah yang membuatnya diduga lebih menular.



Simak Video "RI Kembali Terima Pasokan Vaksin Pfizer, Jumlahnya Hampir 1,2 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)