Minggu, 23 Mei 2021 12:30 WIB

Paula Verhoeven Positif Corona Lagi dengan CT Value 31, Apa Artinya?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Paula Verhoeven Foto: Instagram @paula_verhoeven
Jakarta -

Paula Verhoeven positif Corona, hasil diagnosa keluar usai dirinya menjalani tes COVID-19 untuk persyaratan ke Bali, 18 Mei lalu. Baim Wong, Istri Paula, tampak heran dengan hasil tersebut lantaran sang istri sudah pernah terinfeksi Corona.

Meski sang istri positif Corona, Baim dinyatakan negatif COVID-19. Ia bercerita, CT Value Paula berada di angka 31,32.

"Bingung nih makanya kok bisa dua kali positif. Yang kemarin kan enggak ketahuan tuh, nah yang sekarang ketahuan," kata Baim dalam vidoe terbaru di kanal Youtubenya dan dikutip pada Sabtu (22/5/2021).

Apa artinya CT Value untuk pasien Corona?

Pakar biologi molekuler Ahmad Rusdan Utomo menjelaskan angka CT Value umumnya dipakai untuk menandai jumlah virus yang ada dalam tubuh. Jika angka CT Value semakin tinggi, kemungkinan jumlah virus yang ada di tubuh semakin sedikit.

Tetapi, tentu kesimpulan tersebut tetap perlu melibatkan diagnosa dokter. Pasalnya, bisa saja kita salah mengartikan lantaran ada aspek lain yang perlu jadi perhitungan seperti kondisi tubuh yang perlu diagnosa ahli agau pakar.

"Interpretasi keseluruhan itu harus dokter, yang menyimpulkan. Nanti kan dites gejala ada apa nggak, dicek riwayatnya, dia kapan dites, kenapa dites, oh misalnya pernah kontak erat, kontak eratnya kapan, nanti kesimpulannya itu lebih menyeluruh," tegas Ahmad pada detikcom.

Senada dengan Ahmad, dokter mikrobiologi klinis dari Intibios Lab dr Enty, SpMK menegaskan CT Value tinggi pada pasien Corona bukan menjamin yang bersangkutan sudah bebas COVID-19.

Masih ada risiko penularan Corona dari pasien tersebut.

"Batasan tinggi itu berapa? Hari ke berapa pemeriksaan dari onset gejala tentu menjadi pertimbangan dalam interpretasi," tutur dr Enty dalam wawancara terpisah.

Ada di angka berapa sih saat tubuh dinilai sudah memiliki jumlah virus yang rendah?

"Jadi kalau pasien punya CT Value di bawah 25, katakan 11 atau 20, 17, 22, itu kita bisa estimasi kayaknya kamu punya banyak virus di tubuh kamu," jelas Ahmad.

Jika CT Value semakin besar dan sudah di atas 35, Ahmad menilai umumnya jumlah virus yang ada sudah sedikit.

"Kalau CT Value sudah di atas 35, itu berarti sudah sedikit banget atau jangan-jangan virusnya sudah mati, tinggal bangkainya saja. Bagaimana dengan 27? Iya 27 itu borderline lah," beber Ahmad sembari menekankan pentingnya interpretasi menyeluruh dari dokter.



Simak Video "Begini Cara Aman Menyusui Bayi dari Ibu yang Positif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)