Selasa, 25 Mei 2021 12:16 WIB

Terungkap! Fakta di Balik Viral Video Disuntik Jarum 'Kosong' Saat Vaksinasi

Firdaus Anwar - detikHealth
viral Foto: tangkapan layar viral
Jakarta -

Di media sosial viral video yang menunjukkan seorang pria disuntik dengan jarum 'kosong' saat proses vaksinasi. Di dalam video tampak seorang vaksinator seolah-olah sedang menyiapkan sang pria untuk divaksinasi, namun kemudian hanya menusukkan jarum tanpa menginjeksi isinya.

Video ramai dibagikan di media sosial. Sebagian besar netizen penasaran di mana lokasi kejadian. Juru bicara program vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI dr Siti Nadia Tarmizi mengklarifikasi bahwa video tidak mungkin direkam di Indonesia.

"Sepertinya tidak mungkin ya (terjadi di Indonesia)... Karena suntikan yang kita gunakan itu namanya ADS (auto distract syringe) yang artinya suntikan sekali pakai dan setelah itu akan rusak dengan sendiri, jadi hanya betul-betul sekali pakai," kata Nadia beberapa waktu lalu.

Penelusuran fakta oleh AFP menyebut bahwa video sebetulnya menunjukkan proses vaksinasi yang gagal di Ekuador. Hal ini diketahui berdasarkan laporan oleh media setempat El Universo pada 25 April 2021 yang menggunakan foto dari cuplikan video.

Kementerian Kesehatan Ekuador pada 25 April 2021 memberi pernyataan bahwa tenaga kesehatan yang ada di dalam video sudah diketahui dan ditangani oleh pihak berwajib. Sementara sang pria berbaju merah pada akhirnya diberi vaksin dengan benar.



Simak Video "Komnas KIPI: Efek Vaksin Covid-19 Lebih Banyak Dialami Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)