Rabu, 26 Mei 2021 06:30 WIB

6 Cara Menghilangkan Karang Gigi yang Membandel

Yuviniar Ekawati - detikHealth
examination and treatment of the teeth in the dental clinic Cara menghilangkan karang gigi (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Ada berbagai cara menghilangkan karang gigi. Memang bukanlah bukanlah hal yang mudah. Karang gini merupakan lapisan yang menempel pada gigi dan berada di bawah garis gusi. Kotoran ini juga biasa disebut dengan plak gigi yang merupakan protein yang bercampur dengan makanan.

Dikutip dari WebMD, karang gigi merupakan tempat bersarang bakteri yang dapat merusak email gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Meski ada banyak cara menghilangkan karang gigi dan mencegah kerusakan yang diakibatkannya tetapi usaha tersebut perlu dilakukan secara teratur.

Cara menghilangkan karang gigi sebenarnya hanya bisa dilakukan dengan melakukan perawatan dengan alat khusus oleh dokter gigi.

Tetapi, untuk menghindari penumpukan plak pada gigi, berikut ini adalah 6 cara menghilangkan karang gigi yang membandel dari rumah, dikutip dari WebMD.

1. Sikat gigi teratur

Cara menghilangkan karang gigi yang paling utama adalah dengan rutin sikat gigi. Gigi perlu disikat secara teratur sebanyak dua kali sehari selama dua menit. Jika gigi digosok kurang dari dua menit lamanya, hal itu tidak dapat menghilangkan plak atau mencegah munculnya karang gigi.

Sikat gigi yang digunakan juga harus memiliki bulu sikat yang lembut dan kecil agar dapat masuk ke dalam sela-sela gigi dan permukaan yang sulit dijangkau seperti belakang gigi dan gigi geraham belakang untuk dapat menghilangkan karang gigi.

2. Pilihlah sikat gigi elektronik

Memilih sikat gigi yang tepat adalah salah satu cara menghilangkan karang gigi. Studi menunjukkan bahwa sikat gigi elektrik ternyata lebih baik dalam menghilangkan karang gigi dan plak yang membandel dibandingkan dengan sikat gigi manual.

Tetapi, jika Anda lebih memilih menggunakan sikat gigi manual, pastikan sikat gigi tersebut telah menjalani kontrol kualitas dan uji keamanan yang ketat.

3. Pasta gigi dengan fluoride

Memilih pasta gigi yang mengandung fluoride dapat membantu melawan bakteri dalam plak dan dapat menghilangkan karang gigi. Pasta gigi yang mengandung fluoride juga dapat memperbaiki kerusakan email.

Tiga cara menghilangkan karang gigi lainnya bisa disimak di halaman berikut.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Hayo! Jangan Lupa Sikat Gigi 2 Kali Sehari Meski di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]