Kamis, 27 Mei 2021 18:30 WIB

PCOS Bikin Susah Hamil, Benarkah karena Sering Makan Micin?

Ayunda Septiani - detikHealth
mono sodium glutamate (MSG) or seasoning ,gourmet powder on wooden table Ilustrasi micin. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur)
Jakarta -

Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah gangguan keseimbangan hormon yang kerap terjadi pada wanita, terutama dalam usia reproduksi yang aktif. Akibatnya, penderita PCOS bisa sulit hamil atau mengalami kondisi tidak subur (infertill).

Banyak orang yang mengait-ngaitkan bahwa PCOS bisa terjadi akibat sering mengonsumsi makanan micin atau monosodium glutamate (MSG). Benarkah?

Mengenai hal tersebut, dokter spesialis kebidanan dan kandungan konsultan fertilitas, endokrinologi & reproduksi RS Pondok Indah IVF Centre dr Gita Pratama, SpOG-KFER menyebut tidak ada hubungan antara makan micin dengan PCOS.

"Nggak ada tuh sampai sekarang penelitiannya yang menghubungkan antara PCOS dengan makan seperti micin atau MSG tersebut," jelasnya dalam webinar yang dilakukan secara virtual, Kamis (27/5/2021).

"PCOS adalah kombinasi faktor genetik, faktor keturunan dan faktor lingkungan. Jadi kalau genetik saja kita sudah punya bakat, kalau lingkungan atau gaya hidup kita sehat biasanya tidak kena," lanjutnya.

dr Gita melanjutkan, jika seorang wanita sudah punya bakat genetik PCOS, tapi gaya hidup masih tidak sehat, makan sembarangan, dan jarang olahraga, maka bisa menjadi PCOS.

Selain itu, dr Gita menyebutkan, PCOS sendiri bisa dikendalikan dengan:

  • Modifikasi gaya hidup
  • Terapi obat untuk memperbaiki kondisi resistensi insulin
  • Terapi obat untuk mengatur haid pada pasien yang belum menikah atau belum berencana untuk hamil
  • Terapi obat penyubur (pemicu terjadinya ovulasi) pada pasien yang ingin hamil


Simak Video "Seperti Feby Febiola, Ini Penyebab Rambut Rontok saat Kemoterapi"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/up)