Kamis, 19 Nov 2020 13:15 WIB

Viral Gegara Telat Haid 10 Bulan, Ini Tanda PCOS yang Kerap Tak Disadari

Ayunda Septiani - detikHealth
Viral Wanita Idap PCOS, Baru Ketahuan Setelah 10 Bulan Tidak Haid Viral gegara tak haid selama 10 bulan, ini tanda-tanda PCOS yang kerap tak disadari. (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Belum lama ini viral di media sosial, kisah seorang wanita yang baru menyadari bahwa dirinya terkena PCOS (polycystic ovary syndrome) setelah tidak haid selama 10 bulan.

Wanita tersebut bernama Ria, kisah ini ia bagikan lewat sebuah video yang ia diunggah di TikTok. Sebelum didiagnosa mengidap PCOS, Ria memang memiliki siklus haid yang tidak teratur, seperti menstruasi 2 hingga 6 bulan sekali.

"Dan setelah diperiksa dokter, ternyata aku kena PCOS :') Jujur aku lemes banget saat itu, tapi aku yakin aku pasti bisa laluin ini semua, untuk semua wanita yang mungkin merasakan hal sama seperti aku, menstruasi tidak teratur, bisa cepat ke dokter spOG yah, biar semakin cepet diobatin," tulisnya dalam video tersebut, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Apa itu PCOS?

Dikutip dari Mayo Clinic, PCOS adalah gangguan keseimbangan hormon yang kerap terjadi pada wanita. Umumnya PCOS terjadi pada wanita dalam usia reproduksi aktif.

Salah satu dampak PCOS sendiri ialah sulit hamil atau mengalami kondisi tidak subur (infertill).

Pengidap PCOS umumnya akan mengalami periode menstruasi yang tidak teratur. Hal ini bisa terjadi karena kadar hormon testosteron yang berlebih di dalam tubuh.

Lebih lanjut, ketidakseimbangan hormon mengakibatkan indung telur memproduksi cairan dalam jumlah tertentu, yang mengakibatkan sel telur tidak dilepaskan tubuh secara teratur.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tanda-tanda PCOS yang kerap tak disadari wanita, apa saja?

1. Menstruasi tidak teratur

Siklus menstruasi yang tidak teratur, jarang atau terlalu lama adalah tanda paling umum dari PCOS. Menstruasi bisa jadi terlalu lama, sangat jarang, atau malah tidak terjadi sama sekali selama beberapa tahun (amenorrhoea).

Kondisi ini pun berkaitan dengan menurunnya aktivitas ovulasi pada sistem reproduksi, sehingga dinding rahim tidak dapat meluruh.

2. Ovarium polikistik

Ovarium yang membesar dan mengandung folikel yang mengelilingi sel telur. Akibatnya, ovarium mungkin gagal berfungsi secara teratur. Tanda dan gejala PCOS biasanya lebih parah jika kamu mengalami obesitas

3. Kelebihan androgen

Peningkatan kadar hormon pria dapat menyebabkan tanda-tanda fisik, seperti kelebihan rambut wajah dan tubuh (hirsutisme), dan kadang-kadang disertai jerawat parah dan kebotakan.

4. Kulit berjerawat atau berminyak

Perubahan hormon yang terkait dengan PCOS juga bisa membuat kamu mengalami masalah pada kulit. Salah satunya yakni kulit jadi mudah berjerawat dan berminyak.

Namun demikian, bukan berarti jika kamu punya kulit berjerawat dan berminyak sudah pasti memiliki masalah PCOS.

5. Sulit tidur dan sering merasa lelah

Gangguan pada pola tidur juga bisa menjadi salah satu tanda dan gejala PCOS. Perhatikan apakah kamu sering mengalami sulit tidur atau mungkin sudah tidur namun tetap merasa lelah?

Jika ya, dibarengi dengan tanda khas lainnya bisa jadi itu adalah akibat dari PCOS. Selain itu, kamu juga mungkin mengalami kelainan tidur yang dikenal sebagai sleep apnea. Ini berarti bahkan ketika kamu sudah tidur, dan tidak merasa cukup istirahat setelah terbangun.

Masalah ini kerap menimbulkan tanda khas lainnya yakni sakit kepala. Selain karena kurang tidur, sakit kepala pada pengidap PCOS juga bisa disebabkan oleh adanya perubahan kadar hormon.



Simak Video "Ini Manfaat yang Didapat Jika Mencatat Siklus Haid "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)