ADVERTISEMENT

Senin, 31 Mei 2021 07:00 WIB

4 Manfaat Vaksin Corona Meski Masih Bisa Tertular Seperti Fadli Zon

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Fadli Zon Foto: Lisye/detikcom
Jakarta -

Politisi Fadli Zon belakangan jadi sorotan usai mengumumkan dirinya positif COVID-19 meski sudah menerima dua dosis vaksin COVID-19. Dalam akun Twitter pribadinya, ia mengaku divaksinasi Corona Maret lalu.

Tak sedikit yang kemudian menimpali cuitan Fadli Zon positif Corona usai vaksinasi. Salah satunya meragukan manfaat vaksin Corona, lantaran masih bisa terinfeksi COVID-19.

"Cepat sembuh bang. Semangat. Btw artinya vaksinasi itu tak punya arti apa2. Jadi utk apa vaksinasi," demikian cuit salah satu netizen soal Fadli Zon positif Corona meski sudah divaksinasi.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut manfaat vaksin Corona yang perlu diketahui.

1. Mencegah gejala COVID-19 berat

Vaksinasi Corona memang tak menjamin terbebas dari COVID-19 100 persen, terlebih efikasi vaksin Corona beragam, mulai 60 hingga 95 persen. Namun, orang yang sudah divaksinasi Corona terhindar dari risiko gejala COVID-19 berat hingga fatal seperti yang dijelaskan juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi.

"Semua vaksin mencegah gejala berat dan perawatan RS sampai dengan 90 persen dan mencegah kematian lebih dari 95 persen," katanya, beberapa waktu lalu.

"Jadi kalau mobilitas tinggi dan juga kita ini dalam situasi pandemi, yang. artinya jumlah dan laju penularan sangat besar, maka risiko untuk tertular juga besar," sambungnya.

2. Herd immunity

Tujuan lain divaksinasi Corona adalah mencapai herd immunity. Dibutuhkan cakupan vaksinasi yang tinggi jika ingin segera mencapai herd immunity. Sebagian besar ahli yakin, butuh 70 persen dari populasi divaksinasi, demi mencapai kekebalan kelompok tersebut.

"Kekebalan kelompok inilah yang menyebabkan proteksi silang, di mana orang tetap sehat meskipun tidak divaksinasi, karena orang lain di tempat tinggalnya sudah mendapatkan vaksinasi lengkap," jelas Kemenkes RI, dikutip dari situs resminya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "WHO Bicara Prospek Vaksin Covid-19 Hirup untuk Akhiri Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT