Senin, 31 Mei 2021 20:11 WIB

Viral Anak Buah Izin Sakit Disebut Sabotase Bisnis, Ini Kata Ahli Kesehatan

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral anak buah izin sakit disebut sabotase bisnis. Foto: Tangkapan layar viral
Jakarta -

Di media sosial viral video seorang pria berbicara mengenai karyawan yang sering izin sakit menyabotase bisnis. Menurutnya, kebanyakan besar karyawan yang sering izin tersebut sebenarnya tidak sakit.

"Jadi biasanya kalau ada anak buah sakit, pertanyaan saya nomor satu adalah bisa bangun gak? Bisa. Bisa jalan enggak? Bisa. Bisa makan enggak? Bisa. Bisa naik motor? Bisa. Berarti bisa ke kantor," ungkap sang pria dalam video yang dibagikan pengguna Twitter.

Video berdurasi 44 detik tersebut sudah ditonton lebih dari 800 ribu kali sejak diunggah di Twitter pada Senin (31/5/2021). Sebagian netizen mengkritik sang pria karena dianggap menyepelekan kesehatan karyawan.

"Menyabotase dengan pura-pura sakit? Beneran? Saya pernah kena COVID-19 sekali dan masih bisa melakukan apa yang sudah disebut tadi. Berarti saya tetap harus ke kantor? Dengan sakit kepala dan flu di mana-mana," komentar salah satu pengguna Twitter.

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa memaksakan bekerja saat sakit memang bukan hal yang baik. Produktivitas malah akan berkurang, kondisi kesehatan makin buruk, dan malah berpotensi menyebarkan penyakit bila bekerja di lingkungan dengan banyak orang.

Ahli kesehatan dari University of California-Irvine School of Medicine, Catherine Cummins, justru mendorong agar orang-orang izin sakit bila memang merasa tidak fit.

"Orang-orang kerap merasa khawatir bila harus izin sakit. Tapi bila kamu memang benar-benar merasa tidak enak badan dan ada demam, maka sebaiknya istirahat di rumah," kata Catherine seperti dikutip dari WebMD.



Simak Video "BPOM Buka Suara terkait Peristiwa Kebakaran di Kantornya"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/up)