Senin, 07 Jun 2021 11:30 WIB

Orang Tajir di Thailand Nekat Clubbing Bikin Kasus COVID-19 Naik Berkali Lipat

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kota malang punya puluhan destinasi wisata, termasuk wisata dunia malam. Beginilah suasana hiburan malam di salah satu klub di kota Malang. Ilustrasi klub malam. (Foto: Hasan Alhabshy)
Jakarta -

Kasus Corona di Thailand mulai naik lagi. Imbasnya adalah kerumunan di salah satu klub malam paling elit di negara itu.

Klub malam Krystal Exclusive Club, belum lama ini menyelenggarakan pesta yang dihadiri oleh para VVIP Thailand, bahkan para pejabat negara juga dilaporkan datang meski kasus Corona sedang naik-naiknya.

Dilaporkan Strait Times, klub malam Krystal dan Emerald, kini jadi pusat penyebaran Corona terbesar di Thailand setelah dipadati oleh banyak pengunjung.

Puluhan orang yang terkait dengan klub telah dites positif Corona, termasuk seorang duta besar dan seorang menteri pemerintah. Petugas polisi dan wanita yang bekerja di klub juga telah terinfeksi.

Pejabat Kesehatan Thailand menyoroti pelanggaran prokes yang dilakukan oleh orang tajir di sana, menganggap bahwa mereka bisa 'lolos' dari ancaman infeksi.

"Orang kaya berpesta tapi orang miskin yang menanggung akibatnya," kata Sittichat Angkhasittisiri, ketua lingkungan di daerah kumuh terbesar di Bangkok, Khlong Toey.

Thailand sempat selama berbulan-bulan tanpa kasus penularan lokal yang dikonfirmasi, tetapi epidemi Corona sekarang telah menyebar dari klub malam mewah yang melayani orang-orang kaya hingga ke daerah kumuh.

Di tempat sempit ini, jarak sosial tidak mungkin dilakukan. Infeksi juga telah menyebar ke penjara, kamp konstruksi dan pabrik.



Simak Video "Kasus Corona Naik, Pemerintah Thailand: Kooperatif Atau Lockdown"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)