Selasa, 08 Jun 2021 13:30 WIB

8 Ciri-ciri Hamil Muda Selain Telat Mensturasi yang Sering Tak Disadari Wanita

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Picture of young pregnant woman in her home holding hands on belly Ciri-ciri haml muda yang kerap tak disadari para wanita. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Elitsa Deykova)
Jakarta -

Ciri-ciri hamil muda kerap tak disadari oleh para wanita. Pasalnya, banyak wanita yang baru menyadari tanda kehamilan setelah usia kandungannya sudah mulai besar.

Tanda utama kehamilan juga tak selalu karena telat menstruasi. Lantas apa saja ciri-ciri hamil muda? Berikut telah dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

1. Payudara membesar dan terasa lebih lembut

Dikutip dari ntc.org.uk, salah satu ciri-ciri hamil muda adalah payudara terasa lebih besar dan lembut. Hal ini karena adanya perubahan hormon di dalam tubuh.

Perubahan ini mungkin bisa terlihat paling cepat 1-2 minggu setelah pembuahan. Berikut beberapa tanda-tandanya.

  • Payudara terasa lembut
  • Payudara seperti kesemutan
  • Pembuluh darah menjadi lebih terlihat
  • Areola (lingkaran di sekitar puting payudara) menjadi lebih gelap.

2. Mual

Sekitar 50-80 persen wanita hamil mengalami rasa mual, baik di pagi hari, siang, atau malam. Kondisi ini umum terjadi pada 2-8 minggu pertama setelah pembuahan.

Kemungkinan penyebabnya adalah fluktuasi kadar hormon yang terjadi saat proses kehamilan. Dalam beberapa kasus, rasa mual ini bisa semakin parah atau disebut hiperemesis gravidarum (HG).

HG dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, seperti dehidrasi, penurunan berat badan, dan ketidakseimbangan elektrolit sehingga ibu hamil perlu dirawat di rumah sakit.

3. Keluar bercak darah

Menurut National Institute of Child Health and Human Development, keluar bercak darah, yang bisa ditemui di celana dalam, bisa menjadi salah satu ciri-ciri hamil muda. Kondisi ini dikenal sebagai pendarahan implantasi.

Pendarahan implantasi terjadi ketika sel telur yang dibuahi menempel pada lapisan rahim. Kondisi ini dapat terjadi sekitar 10-14 hari (1-2 minggu) setelah pembuahan.

4. Kram

Pendarahan implantasi saat kehamilan juga bisa menyebabkan rasa kram atau nyeri di perut. Beberapa wanita dapat mengalami kondisi ini pada awal-awal kehamilan.

Selain sejumlah tanda di atas, apa saja ciri-ciri hamil muda yang perlu diketahui? Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Kemenkes Ungkap Kemungkinan Ibu Hamil Dapat Vaksin Corona"
[Gambas:Video 20detik]