Selasa, 08 Jun 2021 15:14 WIB

Sering Sakit Perut Sebelah Kiri? Kenali 10 Alasan yang Bisa Jadi Penyebabnya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi sakit perut Ilustrasi sakit perut. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sakit perut sebelah kiri mungkin sangat umum dialami oleh banyak orang, misalnya karena perut kembung. Tetapi, sakit perut sebelah kiri juga tidak bisa dianggap sepele, karena bisa jadi itu adalah satu tanda dari penyakit serius, seperti infeksi.

Nyeri atau sakit perut sebelah kiri ini bisa muncul secara tiba-tiba. Untuk itu mungkin akan memerlukan perawatan medis sesegera mungkin.

Ternyata, penyebab sakit perut sebelah kiri, tepatnya bagian bawah, bisa diakibatkan oleh beberapa penyebab ringan hingga serius. Berikut 10 penyebab sakit perut sebelah kiri yang dikutip dari berbagai sumber.


1. Kembung

Tetapi, jika gas itu terperangkap sementara di saluran pencernaan bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti merokok, mengunyah permen karet, makan berlebihan, hingga mengkonsumsi makanan yang mengandung gas. Adapun gejala yang bisa dialami seperti:

- Penurunan berat badan yang tidak bisa dijelaskan
- Sembelit
- Darah muncul pada tinja
- Muntah atau diare
- Maag.

2. Penyakit radang usus

Sakit perut sebelah kiri juga bisa disebabkan oleh penyakit radang usus atau Crohn. Ini merupakan kondisi yang bisa menyebabkan peradangan yang menyakitan pada saluran pencernaan.

Penyakit Crohn ini bisa terjadi di usus kecil, kolitis ulserativa, dan paling sering di usus besar. Meski belum diketahui penyebabnya, ada beberapa gejala muncul yang bisa dikenali yaitu sakit perut, diare berdarah, demam, dan penurunan berat badan.

3. Gangguan pencernaan

Penyebab lain sakit perut sebelah kiri adalah gangguan pencernaan karena adanya penumpukkan asam setelah makan. Nyeri akibat gangguan pencernaan ini bisa terjadi di perut bagian atas atau bawah.

Sebagian besar kasus gangguan pencernaan ini tergolong ringan. Adapun gejala yang bisa dialami seperti muncul sensasi terbakar, muncul rasa sakit, ketidaknyamanan, mulas, dan kembung.

4. Sindrom iritasi usus (IBS)

Irritable bowel Syndrome (IBS) adalah gangguan gastrointestinal kronis yang hanya bisa didiagnosis oleh dokter. Adapun beberapa gejalanya, yaitu sakit perut, sembelit atau diare, hingga kembung.

5. Sembelit

Sakit perut sebelah kiri juga bisa disebabkan sembelit, karena kurang olahraga dan pola makan yang buruk. Untuk mengatasinya, perlu memperbaiki pola makan dan meningkatkan olahraga. Adapun beberapa gejala sembelit:

- Buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu
- Mengejan saat buang air besar
- Tinja atau feses kental dan keras.

Sakit perut sebelah kiri juga bisa menjadi tanda adanya masalah pada ginjal. Klik ke halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ini Alasan Jangan Makan Rasa Asam di Pagi Hari"
[Gambas:Video 20detik]