Kamis, 10 Jun 2021 05:30 WIB

Round Up

Fakta-fakta Vaksin Corona untuk 18+ Khusus DKI Jakarta

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Pedagang pasar Sleman mengikuti vaksinasi di GOR Pangukan, Sleman, Yogyakarta, Rabu (9/6/2021). Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sleman menargetkan sebanyak 11.000 pedagang pasar tradisional divaksin hingga akhir Juni ini. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19  AstraZeneca bagi pedagang pasar di Sleman dimulai 9 Juni 2021. Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (Foto: PIUS ERLANGGA)
Topik Hangat Vaksin Corona 18+
Jakarta -

Kabar gembira bagi warga DKI Jakarta, sasaran vaksinasi COVID-19 kini diperluas hingga kelompok usia 18 tahun ke atas. Tidak terlalu mengagetkan bagi sebagian warga, karena slot untuk kelompok usia tersebut sudah banyak ditawarkan secara terbatas melalui grup-grup Whatsapp belakangan ini.

Penegasan dari Kementerian Kesehatan RI, bagaimanapun, memberikan kejelasan soal prioritas vaksinasi COVID-19 di ibukota. Warga berusia 18 tahun ke atas tidak perlu lagi kucing-kucingan untuk memanfaatkan kesempatan tersebut.

Beberapa fakta terkait vaksinasi Corona untuk usia 18 tahun ke atas terangkum sebagai berikut:

1. Baru berlaku di DKI Jakarta

Saat ini, baru DKI Jakarta yang secara terbuka menyasar kelompok usia 18 tahun ke atas dalam program vaksinasi COVID-19. Kementerian Kesehatan dalam suratnya untuk Dinas Kesehatan DKI menyebut ada beberapa pertimbangan soal itu.

Salah satunya, kasus aktif di DKI terhitung tinggi dalam beberapa waktu belakangan yakni 7,62 persen dalam sepekan terakhir. Dari angka tersebut, 35 persen kasus positif memiliki gejala sedang hingga kritis dan perlu dirawat di rumah sakit.

2. Menggunakan vaksin AstraZeneca

Vaksinasi COVID-19 untuk kelompok 18 tahun ke atas di DKI akan menggunakan vaksin AstraZeneca. Tidak ada pertimbangan khusus, mengingat DKI memang mendapat banyak alokasi vaksin jenis tersebut.

Namun dalam rilis resminya, Kemenkes RI menyinggung soal masa kedaluarsa vaksin AstraZeneca yang menjadi salah satu pertimbangan untuk mengabulkan permohonan Dinkes DKI untuk memvaksinasi kelompok usia 18 tahun ke atas.

"Permohonan itu ditengarai masih tersedianya alokasi vaksin dalam jumlah besar untuk DKI Jakarta yang akan memasuki masa kadaluarsa pada Juni 2021," demikian dikutip dari situs resmi Kemenkes Rabu (9/6/2021).

3. Daerah lain menyusul

Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut upaya untuk mengejar cakupan vaksinasi sebanyak 70 persen populasi terus dilakukan. Meski begitu, prioritas utama tetap diberikan pada kelompok rentan yakni lansia dan pralansia, serta kelompok kunci pembangunan nasional seperti guru.

"Tentunya usia di atas 18 tahun adalah salah satu kelompok masyarakat yang menjadi target pemerintah dan pasti akan kita vaksinasi sesuai dengan prioritas kelompok kelompok tersebut," jelasnya, Rabu (9/6/2021).

4. 18+ Bisa vaksin di mana saja?

Belakangan ini, sejumlah sentra vaksinasi di DKI Jakarta sebenarnya sudah melayani usia 18 tahun ke atas. Pendamping lansia berusia 18 tahun ke atas memang sejak awal mendapat kemudahan untuk vaksinasi lebih cepat.

Untuk selain pendamping lansia, saat ini sudah banyak sentra vaksinasi di Jakarta yang bisa melayani kelompok tersebut. Termasuk di antaranya Sentra Vaksinasi Serviam di Jakarta Pusat dan Lippo Mall Puri Jakarta Barat.



Simak Video "6 Vaksin Corona yang Sudah Kantongi Restu dari WHO"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Vaksin Corona 18+