Jumat, 11 Jun 2021 09:17 WIB

Wow! AS Bolehkan Pelancong Copot Masker di Luar Ruangan, Tapi Ada Syaratnya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Donna Anderson, left, walks with her friend Christine White, Tuesday, April 27, 2021, in Olympia, Wash. Both women said they are fully vaccinated and have felt comfortable recently in not wearing masks when they are outdoors. On Tuesday, the Centers for Disease Control and Prevention eased its guidelines on the wearing of masks outdoors, saying fully vaccinated Americans dont need to cover their faces anymore unless they are in a big crowd of strangers. Foto: AP Photo
Jakarta -

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) mengatakan bahwa tidak akan lagi mengharuskan pelancong untuk memakai masker di hub transit transportasi luar ruangan di feri, bus, kereta. CDC mengatakan kebijakan ini diambil karena risiko penularan virus Corona yang lebih rendah di luar ruangan.

Perubahan tersebut adalah yang pertama dalam kebijakan masker CDC yang diumumkan pada bulan Januari dan terjadi setelah tinjauan panjang lebar oleh badan regulasi Kantor Manajemen dan Anggaran Gedung Putih.

"Karena risiko penularan yang lebih rendah di luar ruangan. Masker masih diperlukan di dalam ruangan pada semua bentuk transportasi" tulis CDC dikutip dari Reuters.

Kebijakan ini terlepas dari status vaksinasi para pelancong. Perubahan ini berarti orang dapat melepas masker di luar ruangan sambil menunggu kereta api, di halaman luar bandara atau dalam mode transit terbuka.

Perubahan itu terjadi setelah pemerintahan Biden mengadakan diskusi ekstensif dengan serikat pekerja transit dan kelompok lain. Pemerintah AS juga sedang mempertimbangkan perubahan sederhana lainnya pada kebijakan masker dalam ruangan, termasuk kemungkinan mengizinkan pekerja maskapai yang divaksinasi untuk melepas masker mereka di area yang tidak dapat diakses oleh publik.

CDC pada Mei lalu mengatakan orang yang telah divaksinasi penuh tidak perlu memakai masker di luar ruangan dan dapat menghindari memakainya di dalam ruangan di sebagian besar tempat.



Simak Video "WHO Soroti AS yang Tak Wajibkan Warganya Gunakan Masker Usai Vaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)