Jumat, 11 Jun 2021 15:01 WIB

Alami Sakit Pinggang Belakang, Ini Pertolongan Pertamanya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Woman suffering from back ache on the bed, healthcare and problem concept Pertolongan pertama jika mengalami sakit pinggang belakang. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Hampir setiap orang mungkin pernah merasakan sakit pinggang belakang. Penyebabnya pun berbeda-beda, dari terlalu banyak duduk saat beraktivitas hingga melakukan pergantian posisi secara mendadak.

Obat sakit pinggang belakang apa yang paling ampuh?

Sakit pinggang belakang merupakan rasa nyeri yang muncul di area bawah punggung. Oleh karenanya, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu kenapa area tersebut bisa tiba-tiba sakit.

Apabila karena jarang olahraga, kamu perlu membiasakan diri untuk rutin berolahraga. Kemudian jika akibat terlalu lama duduk, maka biasakan untuk bergerak setiap 30 menit sekali, agar otot punggung tidak kaku atau tegang.

Dikutip dari Healthline, apabila kamu merasakan nyeri yang luar biasa di area bawah punggung, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mengompresnya menggunakan es batu.

Tindakan ini disarankan dilakukan secara rutin dalam waktu 48-72 jam setelah punggung bawahmu terasa sakit, kemudian kompres dengan air hangat. Metode ini dapat membuat otot menjadi lebih rileks.

Selain dikompres, kamu juga bisa minum obat pereda nyeri, seperti ibuprofen atau acetaminophen sebagai alternatif obat sakit pinggang belakang untuk meredakan rasa nyeri.

Kemudian mandi dengan air hangat juga dianjurkan agar otot-otot di area bahwa punggung menjadi lebih rileks.

Namun, apabila dalam waktu 72 jam rasa nyeri di bawah punggung tak kunjung membaik, maka dianjurkan untuk segera periksakan diri ke dokter. Dokter akan memeriksa penyebab sakit pinggang belakangmu secara keseluruhan untuk memberikan penanganan yang tepat.

Kemungkinan dokter juga akan memberikan terapi fisik dan obat anti-peradangan (NSAID) untuk meringankan rasa sakit.

Oleh karena itu, apabila kamu tengah mencari obat sakit pinggang belakang, sebaiknya tidak dikonsumsi secara sembarangan tanpa resep dokter. Pasalnya, dikhawatirkan itu justru bisa menambah masalah pada kesehatanmu.



Simak Video "WHO Buka Suara Terkait Amukan Covid-19 di Inggris"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/kna)