Sabtu, 12 Jun 2021 18:36 WIB

Wabup Sangihe Helmud Wafat, Ini Gejala Sakit Jantung yang Kerap Diabaikan

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Jenazah Wabup Helmut Hontong di ruangan VVIP Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Foto: Jenazah Wabup Sangihe Helmut Hontong saat di ruangan VVIP Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado. Kamis (10/6/2021). (Trisno-detikcom)
Jakarta -

Kabar duka kembali terdengar dari salah satu pemimpin di Indonesia. Wakil Bupati (Wabup) Sangihe, Sulawesi Utara, Helmud Hontong dilaporkan meninggal dunia.

Menurut Kabid Humas Polda Sulsel Kombes E Zulpan, Helmud meninggal dunia karena penyakit jantung. Hal tersebut didasarkan analisis dari tim medis di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

"Diperkirakan meninggal karena jantung, karena penyakit jantung," kata Zulpan, Sabtu (12/6/2021).

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya, faktor genetik atau karena faktor lain, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol.

Umumnya penyakit-penyakit yang menjadi faktor risiko sakit jantung disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat.

Apa saja gejala-gejala penyakit jantung?

Ketika jantung bermasalah, umumnya tidak menunjukkan gejala yang khas. Oleh karena itu, tak sedikit orang yang tidak mengetahui bahwa jantungnya sedang tidak sehat.

Dikutip dari WebMD, berikut sejumlah gejala penyakit jantung yang kerap diabaikan.

1. Rasa tidak nyaman di dada

Gejala ini adalah yang paling umum dirasakan jika kamu memiliki masalah jantung. Rasa tidak nyaman ini bisa berupa rasa nyeri, sesak, atau seperti ada tekanan di dada, dan sensasi terbakar.

2. Gangguan pencernaan

Sejumlah orang mengalami gangguan pencernaan, seperti mual, mulas, atau sakit perut ketika terkena serangan jantung. Dibandingkan pria, wanita lebih mungkin mengalami gejala ini ketika memiliki masalah pada jantungnya.

3. Nyeri yang menyebar ke lengan

Gejala penyakit jantung lainnya adalah muncul rasa nyeri yang menjalar ke sisi kiri tubuh. Kondisi ini hampir selalu dimulai dari dada dan bergerak ke luar.

Tetapi saya memiliki beberapa pasien yang sebagian besar mengalami nyeri lengan yang ternyata serangan jantung," kata Charles Chambers, MD, direktur laboratorium kateterisasi jantung di Penn State Hershey Heart and Vascular Institute.

4. Pusing

Meski pusing bisa disebabkan oleh banyak hal, namun apabila kamu tiba-tiba merasa pusing dan rasa nyeri di dada secara bersamaan, mungkin saja itu disebabkan oleh penyakit jantung.

5. Mudah lelah

Apabila kamu mudah merasa lelah atau kehabisan napas setelah melakukan sesuatu yang sebelumnya tak menjadi masalah, seperti menaiki tangga, maka segera periksakan ke dokter. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi salah satu pertanda bahwa jantung kamu sedang bermasalah.

6. Batuk yang tidak berhenti

Meski batuk merupakan penyakit umum, namun jika batuk yang dirasakan berlangsung cukup lama dan mengeluarkan lendir berwarna putih atau merah muda, itu bisa menjadi pertanda penyakit jantung.

7. Detak jantung tidak teratur

Jantung yang bermasalah bisa dirasakan dari detak jantung yang tidak teratur. Ketika jantung berdegup kencang lebih dari beberapa detik, atau jika itu sering terjadi, maka segera periksakan diri ke dokter.



Simak Video "Kerja Tak Kenal Waktu, Ini Risikonya untuk Kesehatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(ryh/naf)